JOGJA – Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 101 Kodim 0734/ Jogja sebagai wujud kebersamaan TNI dan rakyat. Sebab giat TMMD bertujuan menyejahterakan rakyat.

Komandan Kodim 0734 Jogjakart Letkol Inf Rudi Firmansyah menegaskan, TMMD memberikan manfaat dan efek positif besar kepada masyarakat. TNI AD bersinergi dan menyatu dengan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan dan bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Ini wujud kami membantu meringankan kesulitan masyarakat di daerah terpencil,” kata Rudi saat meninjau persiapan TMMD di kawasan Umbulharjo, Jogja, Jumat (30/3/2018)

Program TMMD TNI, lanjut Rudi, sejalan dengan cita-cita pemerintah membangun desa dan menata kota. Utamanya pembangunan infrastruktur pedesaan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Program-program yang dijalankan TMMD kali ini berupa, perbaikan talud, bedah rumah serta pembangunan infrastruktur lainnya.

Melalui TMMD Reguler ke – 101 ini diharapkan dapat membangkitkan semangat kekompakan dan gotong-royong, serta meningkatkan sarana dan prasarana, khususnya masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pandeyan Agus Supandri mengatakan Program TMMD merupakan kegiatan nyata. Masyarakat Kampung Gambiran, Pandeyan merasakan manfaat yang diberikan.

“Selama ini masyarakat kaku dengan TNI, ternyata tidak seperti apa yang kami pikirkan selama ini,” katanya.

Untuk menyukseskan TMMD perlu persiapan yang matang supaya berjalan lancar. Mulai dapur, peralatan masak, siapa yang masak, serta rumah warga yang untuk di tempati satgas.

Pasilog Kodim 0734/Jogja Kapten inf Joko Sutikno bersama Babinsa Sertu Ari Fitriyanto melakukan anjang sana di rumah Warto di RT 52 / RW 10 Gambiran untuk berkoordinasi pinjam tempat sebagai tempat tinggal bagi Satgas TMMD di Kelurahan Pandeyan.

“Terima kasih bapak-bapak TNI memercayakan rumah saya sebagai basecamp TMMD. Jadi kehormatan bagi kami bisa membantu,” ujar Warto. (bhn/yog)