JOGJA- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2018 siap dibuka 4 April mendatang.

Sejak Jumat (30/3/2018) pagi anggota Kodim 0734/Jogja bersama warga Gambiran menyambut program TMMD dengan pemasangan bendera dan umbul umbul merah putih. Kegiatan ini dipimpin Serka Mulyadi. “Dengan bendera ini semoga bisa menggugah jiwa nasionalisme masyarakat, terutamagenerasi muda,” ujarnya.

Dikatakan, generasi muda sebagaitulangpunggungbangsa bertugas melanjutkan dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif. Termasuk ikut menyukseskan TMMD.

SemarakpembukaanTMMD muliaterasa di wilayah Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo. Selain bendera dan umbul-umbul penghias kampung, warga kerja bakti membersihkan lingkungan.

“Ratusan bendera merah putih membuat wilayah Gambiran lebih meriah dan terlihat estetik,” ungkap Agus, pemuda Kampung Gambiran.

Ketua RT 40 Kodiri mengaku baru kali ini ada bendera merah putih berkibar di sepanjang jalan kampung, sehingga Gambiran menjadi sorotan publik.

Lurah Pandeyan Sulasmi mengakui, saat ini masih banyak rumah warga yang kumuh dan sama sekali belum tersentuh perbaikan dan rehabilitasi. Melalui program TMMD, beberapa rumah tak layak huni menjadi sasaran rehabilitasi.

Komandan Kodim 0734/Jogja Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan, ide menciptakan kampung-kampung unik direncanakan senjak TMMD ke-101 Tahun 2018 ini. Dirinya berharap kampung merah putih ini nantinya bisa menjadi cikal bakal geliat ekonomi baru bagi masyarakat sekitar.(yog)