PURWOREJO – Pantai Jatimalang tetap akan menjadi primadona wisata di Kabupaten Purworejo. Setidaknya, Pemkab Purworejo siap menggelontorkan dana cukup besar untuk peningkatan kawasan wisata andalan itu.

Sedikitnya Rp 9 miliar siap dikucurkan untuk penanganan dan penataan objek wisata yang berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, itu. Dikucurkan dalam dua termin kegiatan yakni tahun 2018 dan 2019, penataan yang dilakukan dinilai akan bisa optimal.

“Penataan Jatimalang ini menjadi awal dari penggarapan wilayah pantai terpadu yang dimulai dari Jogoboyo hingga Kertojayan. Tahap pertama sudah disiapkan dana APBD senilai Rp 4 miliar untuk pembangunan pendukung kawasan pantai lain seperti gerbang masuk, panggung kesenian, ptung Dewa Ruci dan toilet,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo Rabu (28/3).

Selain itu juga disiapkan anggaran Rp 600 juta untuk menyelesaikan pembangunan 20 tempat kuliner di Pantai Jatimalang yang kini mangkrak. Pelaksanaannya tidak lama lagi, karena saat ini sudah masuk proses lelang.

Selanjutnya, penggarapan Jatimalang akan berlanjut pada tahap kedua yakni 2019 dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Dalam tahap kedua akan dibangun sebanyak 26 tempat kuliner bersama proyek lainnya, seperti tempat parkir dan jalan penghubungnya.

“Kita akan menjadikan Pantai Jatimalang tampil dengan wajah baru yang jelas lebih menarik. Beberapa fasilitas untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan akan digarap,” jelasnya.

Ditambahkan, proses peningkatan fasilitas di objek wisata memang menjadi salah satu fokus kegiatannya, apalagi Purworejo memiliki tekad menjadikan tahun 2020 menjadi tahun kunjungan wisatawan. (udi/laz/mg1)