GUNUNGKIDUL – Pencurian barang berharga di dalam mobil yang sedang diparkir atau pecah kaca terjadi di Gunungkidul kemarin. Korbannya Suwardi, warga Sidokabul, Sorosutan, Umbulharjo, Jogjakarta. Surat berharga milik korban dibawa kabur pelaku.

Kejadian berawal saat korban hendak menuju parkiran Bank Daerah Gunungkidul (BDG). Karena sudah penuh, korban menghentikan Kijang Innova AB 1313 SA di tepi jalan, sesuai arahan petugas kemanan bank.

“Saya kaget mendengar informasi kaca mobil dipecah orang. setelah dicek dua tas berisi surat-surat berharga, serta buku-buku hilang,” kata Suwardi usai kejadian Rabu (28/3).

Dia melapor kepada pihak berwajib. Berharap kasus pencurian modus pecah kaca dapat diungkap petugas. Suwardi juga sudah memberikan keterangan kepada polisi.

Kaur Bin Ops Reskrim Polres Gunungkidul Iptu Solechan mengatakan peristiwa tersebut berlangsung di Padukuhan Jeruk, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari. Depan kantor BDG.

“Saat ditinggal pemiliknya, kondisi pintu mobil dalam kondisi terkunci,” kata Solechan.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), korban yang berprofesi sebagai kontraktor tersebut, sudah dibuntuti pelaku yang menggunakan motor. Ketika masuk ke BDG pelaku memanfaatkan kesempatan untuk memecah kaca dan mengambil barang korban.

“Kami masih melakukan pencarian petunjuk maupun bukti yang mengarah kepada pelaku pecah kaca,” ujar Solechan.

Dia menyebut, pelaku kejahatan pecah kaca ini tergolong nekat karena beraksi siang hari di ruas jalan yang sibuk. Untuk memudahkan penyelidikan, polisi berkoordinasi dengan BDG.

“Kami juga memeriksa sejumlah rekaman closed circuit television (CCTV) yang terpasang di sekitar lokasi untuk mencari petunjuk,” kata Solechan. (gun/iwa/mg1)