Permasalahan gizi di Indonesia yang semakin kompleks memberikan peluang yang sangat luas bagi Program Studi Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Panti Rapih untuk menyiapkan tenaga kesehatan guna memecahkan persoalan itu. “Kami berupaya mendampingi kaum muda untuk menjadi sarjana yang punya kemampuan mengembangkan ilmu gizi sesuai perkembangan yang ada,” ujar Kepala Program Studi Ilmu Gizi Stikes Panti Rapih Purna Wijiyanti.

Selain penanaman nilai profesionalitas sebagai seorang tenaga medis, prodi ini juga membekali mahasiswanya dengan berbagai keterampilan. Seperti keterampilan yang di asah di laboratorium, kegiatan klinik, kegiatan masyarakat, dan institusi seperti menjadi ahli gizi di usaha katering maupun sebagai nutrisionis yang bertugas di dapur rumah sakit.

“Semester dua akan diberikan mata kuliah gizi kuliner dasar, tentang makanan khas Indonesia yang sangat kaya. Semester selanjutnya akan diajarkan gizi kuliner lanjutan yaitu berbagai makanan mancanegara,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Purna ini. Menurutnya, hal ini semata-mata agar lulusan nantinya bisa bersaing di level internasional. Apalagi pemahaman tentang budaya, terutama mengenai gizi di masing-masing negara.

Prodi Ilmu Gizi Stikes Panti Rapih baru dibuka untuk angkatan pertama. Kendati demikian, prodi ini berupaya memberikan pembelajaran maksimal terhadap mahasiswanya. Beberapa pembelajaran yang diberikan, di antaranya, kajian ilmu pangan, karena gizi memang tidak pernah lepas dari ilmu pangan itu sendiri. Selain itu, diajarkan ilmu biomedik, seperti fisiologi dan anatomi manusia.

“Segala pembelajaran yang sudah disebutkan tadi tidak akan lengkap jika tidak dibarengi soft skill,” tegasnya. Sehingga diperlukan pembelajaran humaniora yang terkait dengan religiusitas, Pancasila kewarganegaraan, sosiologi, dan antropologi.

Pembeda sarjana gizi di Stikes Panti Rapih ada pada manajemen. “Nilai lebihnya ada di bidang kewirausahaan, sehingga bisa membantu masyarakat mendapatkan gizi yang seimbang. Salah satunya dengan menguasai gizi institusi yang mengelola makanan bagi orang banyak,” tandas Purna.

Selain itu juga harus menguasai gizi klinik untuk penyembuhan penyakit serta gizi masyarakat. Dengan demikian nantinya diharapkan mampu menciptakan lulusan yang unggul dalam kewirausahaan gizi.

Perlu diketahui dalam rumah sakit pun harus memiliki jiwa wirausaha. Misalnya mengenai manajemen ketika harus bekerja secara efisien, efektif, tidak boros, tangguh, dan tidak mudah menyerah. Nilai-nilai ini diharapkan mampu mencetak lulusan berkualitas, serta bisa menjadi tenaga gizi yang handal.

Bekal yang paling penting adalah mempunyai nilai spiritual dan semangat dari para pendiri. “Dalam istilah kampus bernama I Care yang terdiri atas integritas, kasih sayang, jaminan, mutu berkualitas, dan respek,” katanya. Nantinya lulusan bisa mempunyai nilai-nilai humanistik agar senantiasa menghormati dan menghargai manusia.

Mahasiswa maupun dosen ilmu gizi Stikes Panti Rapih tidak hanya diarahkan untuk melakukan inovasi, namun juga siap mengaplikasikan inovasi itu ke masyarakat. Contohnya, ketika Hari Gizi pada 24 Januari lalu. “Walaupun masih semester satu, mahasiswa ditantang mensosialisasikan tentang gizi ke teman sebaya, seperti ke teman lain jurusan. Juga dosen dan karyawan serta masyarakat sekitar,” tuturnya. Tidak hanya memperkenalkan, mahasiswa juga sambil memberikan contoh produk makanan apa saja yang tergolong sehat.

Kegiatan ini merupakan latihan, yang terpenting adalah berani berkomunikasi. “Kami optimistis prodi ilmu gizi bukan hanya hal yang menantang, namun juga mampu membuka peluang dan siap bersaing di masa depan,” tandasnya.

Purna berharap mahasiswa mampu berkegiatan mandiri serta senantiasa selalu berinovasi. Sinergi antara dosen dan mahasiswa juga sangat diperlukan, sehingga kampus ini menjadi tempat yang nyaman untuk mengembangkan diri dan mengembangkan ilmu. Hal terpenting adalah menguasai ilmu keterampilan nilai-nilai humanis, unggul, menghargai orang lain menempatkan orang sebagai utusan-utusan Tuhan yang seharusnya mendapat pelayanan terbaik. (cr2/laz/mg1)