Kazu, owner rumah den kazu (Jauh Hari Wawan Setiawan/radar jogja)

Ruangan kerja yang tidak terlalu luas tetap mampu menghadirkan kenyamanan. Setidaknya, hal tersebut tercermin dari ruang kantor di Rumah den Kazu, perusahaan yang berkecimpung di bidang interior.

Kazu sekalu owner Rumah den Kazu menyatakan, interior memiliki pakem sendiri. Namun, hal tersebut akan membosankan jika tidak dikreasi dengan baik.

Menengok konsep ruangan kantor di Rumah den Kazu, sang pemilik memilih memadukan desain interior minimalis dibalut gaya modern. Ini menimbulkan kesan futuristik di ruangan berukuran 3 x 4 meter itu.

“Kalau saya lebih suka minimalis-modern. Kalau biasanya, pelanggan sekarang banyak yang memilih konsep minimalis juga,” ungkapnya.

Kazu memiliki tips khusus untuk interior kantor. Dia menyarankan agar kantor terkesan nyaman dan fungsional seyogianya memakai perabotan yang memiliki fungsi ganda. Misalnya, sofa yang digunakan tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk. Sofa tersebut sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat ketika harus lembur.

Selain itu, menempatkan item seperti lemari dan rak buku untuk mempercantik ruangan. “Penempatannya tentu tanpa mengesampingkan fungsi utama dari perabotan tersebut,” ujarnya.

Kazu menambahkan, perpaduan warna yang dipilih untuk kantor juga akan memengaruhi mood dalam bekerja. Untuk ruang kantor di Rumah den Kazu, dia memadukan warna putih atau abu-abu. Perpaduan warna ini dimaksudkan untuk menimbulkan kesan monochrome.

Pada langit-langit kantor diberi lukisan tiga dimensi (3D). Lukisan tersebut menimbulkan kesan lega dalam ruangan.

Untuk membuat ruangan semakin nyaman dan menambah semangat dalam bekerja, Kazu menyarankan agar memasang foto atau poster di dinding. “Selain untuk membuat ruangan tidak terlalu membosankan dan dinding terlihat kosong,” jelasnya.

Penataan item yang terdapat di meja juga berpengaruh pada estetika ruangan. Vas berisi bunga atau tanaman yang ditempatkan di atas meja dibutuhkan untuk menjadi penyegar suasana. (cr4/amd/mg1)