SLEMAN – Johanes Eka Priyatma Johanes Eka, M.Sc, PhD kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Periode 2018-2022. Eka dilantik Selasa (27/3) di Ruang Koendjono Gedung Pusat USD.

Dalam sambutannya, Eka mengatakan, tugas yang dia emban tidaklah ringan dan penuh dengan ketidakpastian. Dia pun menceritakan, dalam perjalanannya ke Meksiko dua minggu lalu, dalam rangka menjadi narasumber dalam konferensi universitas Jesuit, dia mempunyai kesempatan luas merenungkan tugas kepemimpinannya tersebut.

“Perenungan ini menguatkan pemikiran saya, ukuran utama keberhasilan sebuah kepemimpian tidak terletak pada kekuasaan dan otoritasnya, tapi justru pada keberhasilan menumbuhkan kepemimpinan pada semua jenjang yang dipimpinnya,” jelas Eka.

Dalam kepimpinan sebelumnya pada periode 2013-2017, USD berhasil meraih berbagai prestasi. Seperti Skor AIPT yang ditargetkan A telah tercapai dalam waktu singkat, posisi peringkat USD masuk 25 terbesar secara nasional sejak 2015, USD juga menduduki peringkat tiga terbaik sebagai PTS di Indonesia sejak 2015. Dari banyaknya prestasi yang diraih tersebut, salah satu dosen USD menjadi dosen terbaik bidang sosial humaniora di akhir 2017 lalu.

Di hadapan para tamu undangan, Eka memaparkan rencana empat tahun ke depan. Yaitu menjadi universitas yang dapat berkontribusi pada tingkat internasional melalui lulusan yang berwawasan global, pengembangan ilmu multidisiplin, serta kerja sama internasional yang semakin meluas. “Kata kunci dalam strategi pencapaian ini adalah kolaborasi, sinergi, dan integrasi,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan empat Wakil Rektor USD antara lain Wakil Rektor I Rohandi, PhD; Wakil Rektor II Drs Aufridus Atmadi, M.Si; Wakil Rektor III Paulus Bambang Irawan, S.J, S.S, M.Hum, S.T.D; dan Wakil Rektor IV F.X Ouda Teda Ena, M.Pd, Ed.D. (*/ita/ila/mg1)