HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA

GUNUNGKIDUL – Pemkab Gunungkidul terus berupaya mempercantik pasar tradisional. Tahun ini ada puluhan pasar tersebar di sejumlah wilayah kecamatan akan diperbaiki dengan nilai anggaran puluhan miliar.

Pasar yang akan diperbaiki, Argosari Wonosari, Playen, Hargomulyo Gedangsari, Mentel Tanjungsari, dan Bedoyo Ponjong. Lima pasar lainnya, Trowono Paliyan, Wonontoro Karangmojo, Semin, Jimbaran Ponjong dan Jepitu Girisubo.

“Total untuk perbaikan sepuluh pasar ini pemkab mengalokasikan anggaran Rp 10,1 miliar,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Hidayat Senin (26/3).

Kepala Bidang Pasar, Disperindag Gunungkidul Ari Setiawan mengatakan perbaikan salah satu pasar menggunakan anggaran tugas pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp 6 miliar.

“Rencananya dana tersebut digunakan untuk pembangunan Pasar Legundi Girimulyo, Panggang,” kata Ari.

Prosesnya, awal April pihaknya akan datang memenuhi panggilan dari kementerian membahas anggaran TP. Pemilihan Pasar Legundi dibangun menggunakan dana TP karena lokasi pasar dekat dengan jalur jalan lintas selatan (JJLS) menjadikan daerah tersebut menjadi kawasan strategis.

“Proses pembangunan harus selesai tahun ini. Pembebasan lahan untuk perluasan lahan di Pasar Legundi sudah selesai,” ujar Ari. (gun/iwa/mg1)