BANTUL – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul terus menggencarkan operasi tangkap tangan (OTT) pembuang sampah sembarangan. Kali ini di wilayah Desa Singosaren. Persisnya di Ringroad Selatan.

Seorang warga Senin (26/3) tertangkap tangan membuang sampah sembarangan. “Hanya satu orang,” sebut Sekretaris DLH Bantul Indriyanto saat dihubungi.

Sebagaimana diketahui, awal pekan lalu tim gabungan menggelar OTT serupa di Dusun Manggisan, Baturetno, Banguntapan. Saat itu tim gabungan memergoki seorang remaja putri yang membawa sebungkus tas kresek berisi sampah. Sedianya sampah rumah tangga tersebut bakal dibuang di pinggir ring road.

Menurut Indri, tim gabungan tak mematok banyak warga yang terjaring OTT. Sebaliknya, tim gabungan justru berharap tidak ada satu pun warga yang tertangkap. “Bila tidak ada yang tertangkap berarti warga mulai sadar,” ucapnya.

Dikatakan, tim gabungan belum mengambil tindakan tegas kepada pembuang sampah sembarangan. Saat ini tim gabungan hanya mendata sekaligus memberikan pembinaan. Itu dengan tujuan agar kebiasaan buruk mereka berubah. Kendati begitu, tim gabungan tak akan segan menyeret mereka ke meja hijau. Toh, pemkab telah memiliki payung hukum berupa Perda No. 15/2011 tentang Pengelolaan Sampah.

Kepala Bidang Persampahan, Bahan Berbahaya Beracun, dan Pengembangan Kapasitas DLH Bantul Wahid mengungkapkan hal senada. Dia menegaskan, OTT serupa terus bakal digulirkan. Minimal sepekan sekali. Adapun target sasarannya adalah seluruh wilayah Kabupaten Bantul. Terutama titik-titik wilayah yang ditengarai kerap dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah sembarangan. (zam/ila/mg1)