IQRO: Kepala SD Muhammadiyah Sleman dan SD Muhammadiyah Domban IV Muh Tontowi menyalami salah seorang murid berprestasi di Gedung Serbaguna Sleman, Sabtu (24/3). (NANANG FEBRIYANTO/RADAR JOGJA)

SLEMAN – Sebanyak 120 murid SD Muhammadiyah Sleman dan SD Muhammadiyah Domban IV mengikuti Wisuda Iqro Tahun Ajaran 2017/2018. Acara digelar di Gedung Serbaguna Sleman, Sabtu (24/3).

Kepala SD Muhammadiyah Sleman dan SD Muhammadiyah Domban IV Muh Tontowi dalam sambutannya mengatakan, peserta wisuda adalah siswa kelas I yang sudah lulus Iqro jilid VI dan sudah bisa membaca Al-Quran.

“Untuk terampil dan fasih masih belum. Untuk kelas I memang ditarget harus bisa membaca Quran, karena di kelas II akan dikejar target kefasihan membaca dan hafalan Quran-nya,” kata Tontowi.

Setiap murid harus hafal minimal 1 juz Quran. “Insyaallah untuk tahun kelulusan kelas VI besok sudah ada 104 anak yang sudah hafal minimal 1 juz,” katanya.

Mewujudkan target tersebut, peran orang tua diperlukan. Orang tua selalu memantau perkembangan anaknya dalam keterampilan dan kefasihan di rumah.

Ketua panitia Wisuda Iqro Yani mengatakan peserta wisuda terus meningkat. Kali ini terdiri dari 96 murid SD Muhammadiyah Sleman dan 24 murid SD Muhammadiyah Domban IV.

Acara dimeriahkan paduan suara, hadroh, tari lilin, dan hafalan surat pendek. Ada juga pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi yang membaca Quran dengan lancar.

Beberapa siswa tersebut antara lain Almaisan Fausta Athailah, Nayaka Nurwaista Al Alusi, Alfathunissa Khansa Yumna, Niverin Aulia Nugraha (SD Muhammadiyah Sleman), Karyana Daffa Utama, Charisa Vimala Putri (SD Domban IV).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua PCM Sleman Agus Nurudin, perwakilan PCM Sleman Sumardi, Iriyanto, Dikdasmen PCM Sleman Muhasdi Tuante, dan sekretaris PCM Sleman Mahmudi. (*/nn/iwa/mg1)