PURWOREJO – Mantan-mantan kepala desa se-Kabupaten Purworejo menyatukan diri dalam paguyuban yang dinamakan Bodronoyo di pendopo rumah dinas wakil bupati, Jumat (23/3). Mantan Kepala Desa Malangan, Kecamatan Banyuurip, Yogo Triyanto didaulat menjadi ketua dan langsung dikukuhkan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

Pengukuhan ini dihadiri, antara lain, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Munawir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gentong Sumharjono, Camat Kutoarjo Sumarjana dan forum koordinasi pimpinan kecamatan serta beberapa tamu undangan lain.

Yuli Hastuti sendiri mengapresiasi atas dibentuknya paguyuban Bodronoyo. Diharapkan adanya hal itu akan memberikan andil dalam pembangunan di kabupaten ini, baik berupa gagasan, pemikiran dan lainnya. “Saya yakin adanya paguyuban ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Purworejo,” ujar Wabup Yuli.

Yuli mengungkapkan sebenarnya ada keinginan dari pemkab untuk menghadirkan mantan kepala desa se-Kabupaten Purworejo. Hanya saja pertemuan itu belum bisa dilakukan karena berbagai hal. “Ini menjadi realisasi dari keinginan Bapak Kelik Sumrahadi yang sudah sejak lama berkeinginan untuk mengumpulkan bapak ibu semua teman-teman seperjuangan beliau ketika tahun 1998,” tambah Yuli.

Ketua Paguyuban Bodronoyo Yogo Triyanto menjelaskan, paguyuban Bodronoyo beranggotakan mantan kepala desa se-Kabupaten Purworejo yang berjumlah 1.013 orang. Kepengurusan yang dikukuhkan untuk masa periode lima tahun mendatang.

“Paguyuban ini selain ikut mendukung pembangunan di Purworejo juga di tingkat desa akan mendukung program-program pembangunan desa, sehingga menjadikan suasana yang sejuk dan kondusif,” kata Yogo. (udi/laz/mg1)