MUNGKID- Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto memimpin upacara memperingati Hari Jadi Ke-34 Kota Mungkid, Kamis (22/3). Acara ini berlangsung sederhana, namun khidmat. Seluruh peserta upacara yang berasal dari para karyawan, dan anggota Forkopimda memakai busana tradisional Jawa. Seluruh rangkaian acara ini juga menggunakan Bahasa Jawa.

Tavip Supriyanto mengajak semua elemen masyarakat bergandeng tangan mewujudkan Kabupaten Magelang yang sejahtera maju dan amanah. Bupati- bupati terdahulu telah meletakkan pondasi yang kuat. “Oleh karena itu marilah kita melanjutkannya secara bergotong royong,” ajaknya.

Tema yang diusung tahun ini adalah “Mari berkarya dan bergandeng tangan untuk memajukan Kota Mungkid yang unggul dan maju mengandung maksud agar ke depan masyarakat Kabupaten Magelang lebih sejahtera”.

Menurut dia, di bidang budaya dan pariwisata Kabupaten Magelang memiliki visi terwujudnya Kabupaten Wisata yang berdaya saing dan berwawasan budaya. Oleh karena itu pembangunan kepariwisataan memiliki harapan mewujudkan semua objek wisata yang layak jual.”Sehingga semakain banyak dikunjungi wisatawan dan memberikan PAD yang besar,” tegasnya.

Di usianya yang ke 34 sudah banyak prestasi yang ditorehkan Kabupaten Magelang. Berbagai penghargaan diraih. Baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Selain itu selama 2017 yang lalu telah berhasil membangun 319 proyek infrasturkur seperti pasar, jembatan, puskesmas, terminal, gedung, dan lainnya.

“Pembangunan sarana prasarana publik dan infrastruktur merupakan amanah RPJMD 2014- 2019 tersebut tentunya membutuhkan peran serta dan partisipasi dari masyarakat,” katanya.

Ia mengajak seluruh jajaran SKPD untuk bergandeng tangan dan bersatu padu membangun Kabupaten Magelang. “Keberhasilan -keberhasilan yang telah kita capai bersama hendaknya tidak menjadi kita berpuas diri. Namun untuk semakin meningkatkan pengabdian kepada masyarakat,” ajaknya.

Rangkaian acara ini juga dimeriahkan bergodo dari 21 kecamatan, tarian tradisional gambyong, dan kuda lumping. Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Magelang Purwanto menambahkan, acara lainnya adalah. Kegiatan ini untuk mendoakan kepada para pejuang di Kabupaten Magelang. Serta untuk mengenang kembali sejarah perpindahan Kabupaten Magelang dari Kota Magelang ke Kota Mungkid,” katanya. (ady/din/mg1)