MAGELANG – Di Kota Magelang terdapat sekitar lima ribu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jumlah ini tersebar di 17 kelurahan dalam area tiga kecamatan. Usaha yang dijalankan terdiri atas beberapa macam jenis, mulai kerajinan, kuliner dan lain sebagainya.

Untuk memajukan bidang UMKM, Bagian Humas Setda Kota Magelang menjalin kerja sama dengan lintas sektoral. Yaitu dengan instansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Kerja sama ini juga melibatkan insan media untuk bersama-sama mengangkat menjadi sebuah topik yang menarik.

“Dari para pewarta ini kemudian mengemas narasi yang bagus soal UMKM, sehingga akan muncul semangat bagi para pelaku usaha kecil maupun warga pembaca untuk bersama-sama mengembangkan potensi,” jelas Kabag Humas Setda Kota Magelang Catur Sawahyo Jumat (23/3).

Kerja sama dengan insan media ini merupakan salah strategi untuk membangkitkan geliat ekonomi melalui eksistensi UMKM. Strategi itu dijalankan melalui kerja sama antara pemkot dengan wartawan dari berbagai media massa yang bertugas di wilayahnya.

Menurut Catur, strategi yang akan diaplikasikan itu direalisasikan secara bertahap. Para awak media diminta terjun langsung ke UMKM yang perlu mendapat perhatian khusus. Terutama segi promosinya.

Mereka secara bersama mendatangi kampung-kampung di Kota Magelang. Nantinya para pewarta, pihak lain, dan pejabat dihadirkan untuk saling memberi masukan demi terciptanya potensi. Terutama UMKM yang kuat dan tangguh.

Humas dan wartawan nanti akan menelaah masalah dan mempublikasikannya di beberapa UMKM. Bahkan pejabat daerah juga akan diundang langsung untuk mengikuti kegiatan itu. (ady/laz/mg1)