JIKA berkunjung ke Jogja dan ingin mengetahui sejarah kota ini, Anda bisa mengunjungi Situs Warungboto. Lokasinya di Jalan Veteran Jogja. Dari Perempatan SGM ke arah selatan sekitar satu kilometer.

Lokasi tersebut dikenal dengan nama Pesanggrahan Rejawinangun. Salah satu pesanggrahan milik Sultan Hamengku Buwono (HB) II yang memerintah Kasultanan Mataram pada 1792-1810. Lalu dilanjutkan pada 1811-1812.

Dulunya, Situs Warungboto digunakan Sultan HB II sebagai tempat rekreasi. Sekaligus tempat beristirahat bersama kerabat keraton.

Situs Warungboto menjadi tren kunjungan wisatawan sejak pemugarannya selesai pada 2016. Letaknya di tengah pemukiman penduduk menjadikan situs ini cukup tersembunyi.

Berada di Jl Veteran Nomor 77 Desa Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogjakarta. Jika wisatawan baru kali pertama datang ke situs ini disarankan bertanya ke penduduk guna memastikan letaknya.

Situs ini sempat rusak ketika terjadi gempa Jogja pada 2006. “Dulunya Pesanggrahan Rejawinangun sebenarnya dipisahkan Sungai Gajah Wong Jogja,” ungkap Staf Unit Penyelamatan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogjakarta Yudistiro Tri Nugroho.

Salah seorang pengunjung Ravirez Josan Ritzifaldi, 21, mengaku sangat menikmati objek wisata tersebut. Bersama temannya, Beauty Cesya Mutiara, 20, dan Roni Febrianto, 19, Ravirez menemukan spot foto istimewa di Situs Warungboto.

“Aku biasanya kepoin Instagram. Makanya bisa sampai di sini,” ungkap mahasiswa asal Lampung tersebut.

Nuansa klasik Situs Warungboto menggugah mereka mengabadikannya. “Situs Warungboto cocok buat spot foto kids zaman now,” ujarnya. Cocok sekali dijadikan foto yang langsung bisa diunggah ke Instagram. (cr2/iwa/rg/mg1)