PILIHAN: Tak hanya ayunan. Di Watu Djaran juga disediakan spot foto lain berupa kursi dan meja dengan latar belakang alam yang indah. (RADAR JOGJA PHOTO)

BERSWAFOTO atau mengabadikan potret diri di lokasi unik dan baru tentu menjadi kegemaran anak muda. Satu lagi tempat wisata yang tidak hanya unik namun juga ekstrem adalah Ayunan Langit Watu Djaran. Menantang adrenalin pengunjung yang menaiki wahana ini.

Dibangun Mei 2017, ayunan ini menawarkan pemandangan indah dari atas ayunan di ketinggian 800 mdpl (meter di atas permukaan laut). Berada tepat di pinggir jurang, palang besi dengan tinggi sekitar 10 meter menjadi penyangga ayunan tersebut.

“Walaupun terlihat mengerikan dan takut jatuh, tapi dalam proses pembangunannya kami bekerjasama dengan Tim Sar Mandala Wangi untuk memastikan keamanannya. Beberapa minggu sekali kami juga melakukan pengecekan berkala,” ujar salah seorang pengelola Watu Djaran Suharyanto.

Pengunjung yang ingin menaiki ayunan ini hanya perlu membayar Rp 20 ribu saja. Sedangkan tiket masuk sekaligus parkir Rp 15 ribu. Perlengkapan keamanan telah disiapkan pengelola seperti body harness yang akan menahan badan di bagian belakang ayunan.

Setelah terpasang dengan benar di bagian besi, tali ayunan yang digulung petugas akan dilepaskan dan pengunjung akan bebas berayun di atas jurang. Momen ini sangat pas untuk mengambil foto dengan latar belakang langit biru dan pohon cemara.

“Sensasinya luar biasa seperti melayang di udara. Sekilas memang tampak menakutkan tapi kalau sudah diayunkan malah menikmati pemandangan di sekitar,” ungkap pengunjung yang baru saja mencoba Ayunan Langit tersebut, Helty Mareta Dundang.

Selain Ayunan Langit, di lokasi ini juga terdapat air terjun di bagian bawah. Bagi yang ingin menyusuri gua di sekitar juga terdapat Gua Kidang Kencana yang sudah cukup dikenal, serta ada gardu pandang Watu Jaran. Keindahan di lokasi ini adalah pemandangan hamparan perbukitan hijau dengan sawah dan ngarai di lembahnya.

Lokasi Ayunan Langit Watu Djaran ini berada di Desa Wisata Purwosari Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo. Lokasinya sekitar 30 km dari pusat Kota Jogja. Dapat ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan roda dua dan empat. (ita/iwa/rg/mg1)