MUNGKID – Sebagai salah satu BUMD di bawah Pemkab Magelang, Bank Bapas 69 telah menjadi salah satu andalan pendapatan asli daerah (PAD). Posisi ini membuat perbankan yang dipimpin Fran Suharmaji ini harus terus berbenah dan berinovasi. Dalam rangka HUT ke-34 Kota Mungkid tahun ini, mereka mulai memberikan edukasi kepada perangkat desa untuk mulai menabung di bank.

“Iya, ada sekitar hampir 4.800 perangkat desa di Kabupaten Magelang. Kalau mereka punya kesadaran untuk menabung di bank, dan kemudian menyebarkan ke masyarakat, tentu ini merupakan hal positif,” kata Direktur Utama PD BPR Bank Bapas 69 Fran Suharmaji kemarin.

Selain perangkat desa, perbankan yang semula bernama Bank Pasar Kabupaten Magelang ini juga melakukan edukasi di kalangan pelajar agar gemar menabung. Hal itu bisa terlihat dari terus bertambahnya jumlah pelajar yang menjadi peserta program Simpanan Pelajar (SimPel). Tercatat hingga 31 Desember 2017 jumlah saldo tabungan SimPel Rp 11,10 miliar. “Saldo ini milik 12.939 pelajar,” tuturnya.

Fran mengaku, yang dibidik dalam program SimPel bukan nilai saldo. Karena target sasarannya adalah mengubah pola pikir kaum pelajar agar lebih bijak dalam mengelola uang.

“Kami mengajak anak-anak pelajar dari tingkat SD, SMP hingga SMA bisa mengendalikan sifat konsumtif. Tetapi pandai berhemat, demi meraih masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, Bapas 69 pada tahun 2017 telah memperoleh penghargan dari Majalah Bussiness News untuk kategori Top BPR, Top BUMD. Top CEO BUMD dan Top Pembina BUMD. Kemudian untuk triwulan pertama 2018, berhasil meraih award dari Majalah Economic Review untuk Indonesia CSR Award, Indonesia Information Award. Bapas 69 dikenal sebagai bank yang menjadi penggerak, pendorong dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terlihat dari banyaknya realisasi kredit murah bagi ribuan pelaku UMKM.

“Penyaluran kredit murah kepada pelaku UMKM merupakan wujud nyata komitmen kami dalam rangka menumbuhkan dan menggairahkan iklim usaha di Kabupaten Magelang, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Fran.

Rencananya, hari Minggu (25/3) besok akan dilaksanakan penarikan undian tabungan periode XVI (Agustus 2017-Januari 2018) dengan hadiah dua mobil. Acara dirangkai dengan jalan sehat. “Undian akan dilakukan Pjs Bupati Magelang,” tandas Fran. (dem/laz)(dem/laz/mg1)