SLEMAN- Koramil 01/Cangkringan Dim 0732/Sleman menggelar giat kerja bakti di kawasan lereng Gunung Merapi, Jumat (23/3/2018). Seluruh anggota koramil terlibat dalam kegiatan tersebut. Babinsa Cangkringan Pelda Suharno mengatakan, ketugasan di wilayah rawan bencana tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Sebagaimana wilayah lereng Merapi. “Kami kerja bersama Muspika tanpa mengenal pangkat, jabatan, maupun tingkat ekonomi,” ujarnya.

Selain kegiatan kebencanaan, anggota koramil juga mengedukasi siswa sekolah. Salah satunya melalui kegiatan kerja bakti membersihkan sekolah. Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. “Lingkungan sekolah harus selalu bersih dan indah agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu,” katanya.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagi upaya Koramil 01/Cangkringan membentuk karakter tangguh bagi para siswa dalam rangka membentuk generasi muda peduli lingkungan. “Pertahanan dan keamanan negara yang kuat dapat dimulai dengan terbentuknya generasi muda yang sehat,cerdas, dan peduli lingkungan,” jelas Suharno.

Melalui kegiatan tersebut Suharno berharap, masyarakat mengerti keberadaan dan fungsi Koramil bagi lingkungan di sekitarnya. “Sudah menjadi tugas TNI dalam membantu masyarakat dimana pun dan dalam keadaan apa pun,” katanya.

Bagi TNI sendiri, kegiatan seperti itu juga bertujuan untuk kepentingan negara dan bangsa. Yaitu membentuk daya juang masyarakat mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan NKRI.(yog)