Oleh: Kris Suryowati, SSi, MSi
(Ketua Jurusan Statistika)

Jurusan Statistika merupakan salah satu jurusan di Fakultas Sains Terapan, Institut Sains & Teknologi Akprind Jogjakarta dengan SK pendirian Nomar: 0146/O/1989 , tertanggal 16 Maret 1989. Status akreditasi Program Studi B, berdasarkan SK BAN-PT No. 293/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014 tertanggal 23 Agustus 2014. Jurusan Statistika dengan Ketua Jurusan Kris Suryowati SSi, MSi dan Sekretaris Jurusan Rokhana Dwi Bekti Ssi, Msi. Pada proses pembelajaran Jurusan Statistika didukung oleh tenaga pengajar, dosen profesional, yang sangat kompeten di bidangnya. Juga dilengkapi Laboratorium Statistika dan Komputasi yang didukung softwaresoftware statistik dan komputasi matematika yang lengkap.

Statistika memberikan peran penting pada semua bidang. Hal ini dikarenakan statistika dapat mengubah suatu data menjadi informasi-informasi penting bagi decision makers. Kegiatan statistik dimulai dari mengumpulkan data, menganalisis hingga memberikan kesimpulan. Pekerjaan di bidang statistika memberikan banyak sumbangan bagi penyelesaian masalah yang berbasis data dan analisisnya. Dengan demikian tidak diragukan lagi jika peluang kerja lulusan sangat luas dan penuh kompetisi. Lulusan Statistika dituntut memiliki kemampuan merumuskan masalah dan menyusun rencana pengumpulan data yang tepat, menyajikan, mengelola dan menganalisis data menggunakan teknik-teknik statistika, serta menampilkan berbagai hasil analisis dalam bentuk yang mudah dipahami oleh pengguna. Selain itu, seiring peningkatan kemajuan teknologi sehingga tuntutan yang lebih tinggi bahwa saat ini hampir seluruh data yang tersedia dalam format digital, sehingga lulusan dituntut mampu membaca, mengolah serta menganlisis data yang besar.

Tantangan-tantangan yang ada tersebut di atas, sehingga Jurusan Statistika, Fakultas Sains Terapan, Institut Sains & Teknologi Akprind Jogjakartayang memiliki visi menjadikan jurusan yang bertaraf nasional dalam bidang statistika serta penerapannya di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan menciptakan lulusan yang kompeten dan unggul di bidang statistika industri dan komputasi. Sedangkan misi yang dimiliki ada tiga yaitu, Misi Pendidikan: Meningkatkan ilmu pengetahuan statistika sebagai dasar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Misi Riset: Memotivasi, memelihara dan memberdayakan kelompok penelitian pada bidang statistika serta menjadi pusat layanan penelitian dan pelatihan terapan statistika, serta Misi Pengabdian: Meningkatkan pelayanan pada ilmu-ilmu lain, serta pelayanan kepada masyarakat.

Pada 10 tahun terakhir, Program Studi Statistika telah meluluskan 120 sarjana statistika. Lulusan telah bekerja di berbagai bidang yang bergengsi dan memiliki profil yang bagus, di antaranya, di bidang konsultan riset dan data analisis, akademisi, programer, manajer quality control, aktuaris, technopreneur, dan lain-lainnya. Hal ini dikarenakan pada perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari prosedur-prosedur tersebut secara ilmiah, sehingga memberikan kesimpulan yang akurat (eror yang kecil). Lulusan statistika memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis yang tentu saja dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah. Metode-metode yang dipelajari pun berdasarkan data, model, dan inference.

Para dosen yang berkompeten di bidangnya memiliki banyak kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan dan berkolaborasi dengan mahasiswa. Selain itu berbagai publikasi nasional dan internasional telah dimiliki. Konsentrasi ilmu yang ada adalah statistika industri dan komputasi, dalam hal ini mahasiswa akan dibekali berbagai metode ilmiah statistika dan komputasinya untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang khususnya industri. Sebagai contoh bagaimana mengendalikan kualitas produksi suatu mesin, mengukur usia pakai suatu alat, menganalisis pengaruh potensi industri terhadap kesejahteraan masyarakat, mapping (secara spasial) potensi-potensi industri di Indoensia, dan lain-lain.

Dalam rangka mengubah image masyarakat bahwa matematika ataupun statistika merupakan momok bagi masyarakat, maka berkaitan dengan pembelajaran yang ada di Jurusan Statistika mengedepankan proses pembelajaran yang inovatif, berkualitas dan menarik, dengan demikian mahasiwa akan termotivasi untuk mempelajari dan menerapkannya. Dengan demikian ilmu statistika atau pun matematika merupakan ilmu yang menyenangkan dan menarik serta memberikan peranan penting yang sangat diperlukan di berbagai bidang, metode-metode yang ada akan berkembang sesuai permasalahan di berbagai bidang, serta banyak tools/software yang mendukung. (*/laz/mg1)