SLEMAN- Persit Kartika Chandra Kirana XXXIII Dim 0732/Sleman mengikuti penyuluhan kanker serviks, rahim, dan kanker payudara, Senin (19/3/2018).

Pemateri dr Nuri Puspita dari Klinik Pratama menyampaikan, faktor pemicu terjadinya kanker dan tumor, gejala awal kanker pada rahim (serviks, endometrium, dan ovarium), mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker payudara, serta cara sehat dan hemat menghindari kanker dan tumor.

Dalam kesempatan itu Nuri juga memberikan tips mencegah kanker serta senam antikanker, cara mengatasi penyakit kanker dengan berbagai macam pengobatan, baik secara medis maupun herbal.

Dikatakan, dari berbagai macam penyakit sistem reproduksi tersebut, yang paling banyak dikenal oleh masyarakat dan sudah meluas ke seluruh dunia adalah kanker serviks. “Penyakit ini banyak ditakuti oleh kaum wanita dan merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian nomor 1 pada wanita di seluruh dunia,” jelasnya. Materi penyuluhan penyakit sistem reproduksi pun difokuskan kanker serviks.

Lebih lanjut Nuri mengatakan, kegiatan penyuluhan ini sangat penting dan bermanfaat, sebagai pengetahuan, guna mencegah kanker serviks dan kanker payudara, serta meningkatkan kualitas kesehatan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan rahim.

Dengan adanya pengetahuan tentang penyakit kanker, para peserta sosialisasi diharapkan bisa mendeteksi secara awal gejala penyakit yang berhubungan dengan reproduksi wanita. Agar dapat mengambil tindakan cepat dan tepat, segera berkonsultasi kepada pihak yang mengerti penyakit kanker, serta pengobatan dan pencegahannya.(yog)