SLEMAN – Tahun ini Pemkab Sleman mulai melakukan perbaikan jalan, baik secara menyeluruh ataupun perbaikan ringan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) R Sapto Winarno mengungkapkan, total jalan yang akan diperbaiki mencapai 400 kilometer.

“Perbaikan akan dilakukan bertahap. Anggaran perbaikan rutin sebesar Rp 8 miliar untuk seluruh ruas jalan di Sleman,” ungkapnya ketika ditemui Radar Jogja di Kantor Dinas PUPKP, Senin (19/3).

Lebih lanjut, Sapto menjelaskan, perbaikan jalan dilihat dari kondisi ruas jalan. Perbaikan menyeluruh dilakukan untuk ruas jalan yang rusak berat, sedangkan untuk ruas jalan yang masih baik hanya lakukan tambal saja.

Dia menambahkan, jalan yang dikatakan masih baik tapi perlu ditambal adalah jalan kabupaten yang karena hujan lalu berlubang dan perlu dilakukan penambalan. Sapto juga berharap tidak ada lagi jalan yang berlubang di Kabupaten Sleman.

Disinggung masalah jalan berlubang di daerah Ngemplak, Sapto mengatakan, saat ini masih dalam proses lelang terlebih dahulu.

“Hari ini (kemarin) kami sedang merampungkan proses lelang untuk perbaikan jalan di Ngemplak, Banjarharjo,” kata Sapto.

Dia berharap agar proses lelang cepat selesai, sehingga April proses perbaikan jalan sudah bisa dimulai. “April sudah mulai musim kemarau jadi kami bisa mulai proses perbaikan,” tutupnya. (cr4/ila/mg1)