JOGJA – Sebanyak 1.422 atlet pelajar tercatat ikut dalam Pekan Olahraga Pelajar (Popda) DIJ 2018. Event tahunan yang digelar pada 19-22 Maret ini akan mempertandingkan 23 cabang olahraga definitif dan lima cabor eksebisi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ, Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, Popda digelar untuk mengukur pencapaian olahraga tingkat pelajar dan prestasi atlet pelajar DIJ. Event ini juga menjadi salah satu ajang seleksi pembentukan tim pelajar untuk menghadapi multievent pelajar tahun ini dan tahun depan.

“Popda kita jadikan sebagai salah satu ajang seleksi untuk menghadapi Pekan olahraga Pelajar tingkat wilayah tahun ini dan tingkat nasional tahun berikutnya di Papua,” ujarnya di sela-sela pembukaan Popda di GOR Amongraga, Senin (19/3).

Selain itu pihaknya juga berharap, Popda bisa menjadi ajang mencetak atlet-atlet terbaik DIJ yang siap bersaing di tingkat nasional. Di samping juga memelihara dan meningkatkan persaudaraan antarpelajar DIJ.

Dalam Popda tahun ini, Baskara Aji menjelaskan, cabor definit yang dipertandingkan antara lain angkat besi, atletik, balap sepeda, bola basket, bola voli, bridge, bulutangkis, gulat, judo, karate, kempo, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepakbola, dan sepak takraw.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Gubernur DIJ Sri Paduka Paku Alam X berpesan kepada seluruh atlet agar menumbuhkan budaya kompetisi dan prestasi sejak dini demi meraih kemenangan di masa depan. Meski begitu, dia juga berpesan agar baik atlet maupun ofisial tetap menjunjung tinggi sportivitas.

“Junjung tinggi permainan bersih dan cantik. Harapannya bisa beraih prestasi terbaik. Tetap bertanding secara sportif. Jalinlah silaturahmi antar pelajar DIJ ini, karena silaturahmi membawa berkah tersendiri. Buat penyelenggaran semoga bisa mencetak atlet yang bisa bersaing di level nasional,” tuturnya. (riz/din/mg1)