SLEMAN – Kerusakan jalan di Desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman terbilang cukup parah. Jalan yang menjadi jalur alternatif menuju kantor Pemkab Sleman ini sudah lama tidak diperbaiki. Warga mulai mengeluhkan kondisi jalan yang memprihatinkan.

Salah seorang warga Ari Susminto yang setiap hari melewati jalan tersebut mengeluhkan kondisi jalan yang rusak akibat sering dilewati angkutan galian tambang. “Masih ada angkutan tambang yang melintas saat hujan, dan itu bikin tambah parah kerusakan jalan,” ungkapnya.

Kepala Desa Umbulmartani Erwanto membenarkan adanya ruas jalan yang rusak. “Yang diperbaiki sekarang malah jalan dari Kantor Desa Umbulmartani ke arah selatan menuju Kecamatan Ngemplak, itu pun hanya tambal sulam,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Dusun Kledokan, Umbulmartani, Ngemplak, Minggu (18/3).

Menurut Erwan, jalan berlubang di sepanjang rute Dusun Banjarharjo sampai Jalan Kaliurang Km 13 ini memang sudah bertahun-tahun belum diperbaiki secara menyeluruh. “Dulu memang sempat diperbaiki, tapi hanya tambal sulam jalan yang berlubang saja,” tandasnya.

Erwanto mengungkapkan, pihaknya dijanjikan April 2018 mulai dilakukan pembenahan jalan secara menyeluruh. Erwan menyampaikan harapannya agar dinas terkait segera memperbaiki kerusakan jalan yang terdapat di daerah administrasinya.

“Saya berharap segera diperbaiki karena sudah banyak warga yang mengeluh, harapannya jalannya bisa diperlebar, aspalnya bisa dipertebal, dan bisa menjadi jalur utama untuk warga,” harapnya. (cr4/ila/mg1)