GEMBIRA: Salah seorang buruh gendong menerima nasi Padang dari siswi Padmanaba. (MUHAMMAD IKHSAN/ZETIZEN)

AKSI sosial? Sering digelar beberapa SMA di Jogja. Beda dengan yang dilakukan murid SMAN 3 Padmanaba Jogja. Mereka menggelar aksi sosial dalam gelaran Padmanaba Social Week (PSW) 2018.

Lokasi acaranya di sekolah yang terletak di Kawasan Kotabaru Jogja dan juga di Pasar Beringharjo. PSW 2018 mengangkat tema compassion with action. “Bukan sekadar empati, tapi ada action-nya,” kata Ketua PSW 2018 Dimas Fernando Putra.

PSW kali ini juga dimeriahkan tryout yang diikuti murid-murid SMP. Selain itu, juga digelar donor darah di Aula

DIALOG: Tidak hanya sekadar menyerahkan Nasi Padang, murid Padamanaba juga berinteraksi dengan buruh gendong. (MUHAMMAD IKHSAN/ZETIZEN)

SMAN 3 Padmanaba dan pembagian nasi Padang dan uang kepada para buruh gendong di Pasar Beringharjo.

Tryout tersebut merupakan simulasi ujian nasional. “Lalu kami kemas menjadi Simulasi Unjian Nasional Pelajar Keren Anti-Nyontek atau Tryout Superman,” kata Dimas.

Padmanaba ingin menyebarkan gerakan anti-nyontek yang selama ini sudah dilakukan di SMAN 3 Jogja. Rangkaian kegiatan PSW 2018 terbagi dua hari, Sabtu-Minggu (17-18/3).

Tryout Superman digelar Sabtu. Sedangkan Minggu diisidengan senam massal, PadCare berupa pembagian nasi Padang dan uang untuk buruh gendong di Pasar

SERIUS: Murid SMP Se-Jogjakarta mengikuti Tryout Superman di SMAN 3 Padmanaba. (SONGGA DEVY/ZETIZEN)

Beringharjo, donor darah, dan lomba Palang Merah Remaja (PMR) tingkat SMP se-Jogjakarta.

PSW telah digelar sejak 2014 dan ditunggu banyak warga Jogja. Tryout Superman diikuti 720 murid SMP. Donor darah berhasil mendapatkan 270 kantong darah.

Selain kegiatan sosial, PSW juga menghadirkan hiburan. Salah satunya penampilan SLB Permata Ananda. Mereka mempersembahkan pertunjukan seni dan menghibur pengunjung yang hadir.

Dimas mengatakan acara ini bukan semata-mata program Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Divisi Pengurus Harian (PH) saja. Namun juga melatih murid Padmanaba peduli sekitar. (*/sde/iwa/mg1)