PEDULI: Murid Padmanaba memberikan uang dan Nasi Padang kepada seorang buruh gendong Beringharjo kemarin. (MUHAMMAD IKHSAN/ZETIZEN)

SATU rangkaian dengan Padmanaba Social Week (PSW) 2018 murid SMAN 3 Padmanaba Jogjakarta membagi seribu nasi Padang. Mereka bagikan bersama sejumlah uang kepada buruh pasar di Beringharjo.

Murid Padmanaba tidak sekadar membagikan nasi Padang saja. Mereka juga berinteraksi dengan penerima nasi Padang tersebut.

“Sasaran penerima nasi Padang tahun ini adalah buruh gendong di Beringharjo,” kata penanggung jawab pembagian nasi Padang PADCARE 2018 Azis Sofyan Prasetyo.

Pembagian nasi Padang dilakukan Minggu (18/3) pukul 09.00 di Beringharjo. Acara tersebut bekerja sama dengan komunitas Facebook ICJ (Info Cegatan Jogja).

ICJ membantu mengakomodir dan menjadi pembimbing lapangan. Sebab lokasi yang dituju cukup luas.

“Kami membagikan nasi bungkus tersebut secara langsung kepada buruh-buruh pasar di Beringharjo, dan saling bertukar cerita. Sebagai bahan belajar tentang kehidupan dari orang lain yang tidak seberuntung kita,” ucap Azis.

Salah seorang murid Padmanaba Annisa Silvianti mengaku mendapat pengalaman berharga saat membagikan nasi Padang itu. “Aku jadi bisa ngeliat banyak orang miskin butuh uluran tangan kita. Aku diingatkan kembali untuk sering bersyukur,” kata Annisa.

Sementara itu, Ketua Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba Triyanto mengatakan bangga dengan kegiatan tersebut. “Murid Padmanaba harus peduli dengan lingkungannya. Salah satunya dengan kegiatan membantu buruh gendong di Beringharjo,” kata Triyanto. (*/san/iwa/mg1)