SLEMAN – Bupati Sleman Sri Purnomo melepas 300 atlet untuk berlaga dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (15/3). Seluruh atlet yang mewakili Kabupaten Sleman ini akan mengikuti 23 cabang olahraga.

Mereka didampingi 46 orang pelatih, 23 orang official yang terdiri dari 23 Pengkab Cabang Olahraga di bawah naungan KONI Sleman, serta 26 orang pedamping dari Dispora Sleman.

SP, sapaannya, berharap para atlet berlaga maksimal dan percaya diri. Dengan begitu mampu meraih juara serta harumkan nama baik sekolah dan daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada para atlet, karena mereka sebelumnya mengikuti seleksi ketat terlebih dulu,” ujarnya kemarin.

SP menuturkan, olahraga tidak hanya menjadi sarana untuk pembinaan dari segi fisik saja, tetapi juga membina pelajar dalam meraih prestasi.

“Saya berpesan kepada adik-adik untuk selalu mengedepankan team work yang baik, kembangkan prestasi sesuai bidang dan tingkatan masing-masing. Kami akan selalu mendorong supaya semua cabang olahraga yang ada di Kabupaten Sleman menjadi lebih maju,” paparnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman Agung Armawanta menjelaskan, Popda merupakan kegiatan multievent olahraga pelajar tahunan sebagai titik kulminasi dan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar daerah.

“Popda bertujuan meningkatkan pembibitan atlet berbakat yang diharapkan mampu berprestasi di tingkat nasional, regional maupun internasional,” terang Agung.

Tujuan lain dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah menanamkan nilai-nilai karakter keolahragaan seperti sportivitas, kedisiplinan, ketertiban, kerja sama, dan tanggung jawab di kalangan peserta didik. (ita/ila/mg1)