SLEMAN – Upaya mitigasi bencana dilakukan PMI DIJ dengan memberikan bantuan ke warga

di Bukit Teletubbis tepatnya di Sumberharjo, Prambanan, Kamis (15/3). Bantuan yang diberikan berupa seratus Alquran, delapan angkong, sepuluh sabit, cangkul, sekop, selimut, 7 paket hygiene kit, paket family kit, paket baby kit, 21 buah terpal, dan jas hujan.

“Kami berharap dengan bantuan ini masyarakat dapat sadar akan kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu terjadi, terlebih Kabupaten Sleman memiliki beberapa potensi ancaman bencana alam,” ujar Ketua PMI DIJ Gusti BendoroPangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam acara tersebut menyampaikan, di Kecamatan Prambanan sendiri terdapat 38 kepala keluarga (KK) yang meliputi 150 jiwa yang harus direlokasi akibat bencana alam.

“Bantuan yang diberikan ini sangat membantu kami, khususnya masyarakat Prambanan yang tengah berupaya bangkit kembali dari keterpurukan dan berupaya melaksanakan rehabilitasi pasca bencana alam yang terjadi,” tutur SP.

Kabupaten Sleman sendiri merupakan daerah yang memiliki berbagai potensi bencana baik yang disebabkan faktor alam maupun non alam dilihat dari komposisi geografis, geologi, hidrolis, dan demografisnya.

“Kami semua berharap, bencana tidak terjadi lagi. Namun apabila terjadi, harus jauh lebih siap melakukan upaya mitigasi yang lebih baik lagi, sehingga dapat meminimalkan jatuhnya korban baik jiwa maupun materi,” tutupnya. (ita/ila/mg1)