JOGJA – Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY) bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIJ menggelar penyuluhan sekaligus pendirian koperasi. Bertempat di Jogja Paradise Food Court & Resto, acara yang diadakan Selasa (13/3) lalu ini diikuti 44 pendiri APPKY. Acara ini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi 100 anggotanya.

Ketua Koperasi APPKY Yunus Prasetyo mengatakan, acara ini sebenarnya merupakan program tertunda yang rencananya dilaksanakan tahun lalu. Namun karena keterbatasan waktu dan birokrasi baru tahun ini terlaksana.

“Tujuan dari acara ini adalah pendirian koperasi dalam tubuh APPKY, output-nya diharapkan memberi dukungan dalam hal bisnis persewaan kendaraan sehingga memberikan kemudahaan serta kesejahteraan bagi anggota,” ujar Yunus.

Adapun bentuk koperasi yang diharapkan berupa jasa. Wujudnya APPKY bersama beberapa mitra menyediakan kebutuhan karoseri kendaraan mulai dari kebutuhan mobil baru, perlengkapan kendaraan (spare part), bengkel, akesori, hingga servise untuk mendapatkan pelayanan terbaik dengan sistem koperasi.

“Saat ini kami telah memiliki beberapa mitra dan mereka sudah konfirmasi kesiapannya untuk bergabung,” terangnya.

Sebagai asosiasi yang menaungi para pengusaha persewaan kendaraan terutama dibidang travel masih banyak kendala yang harus dihadapi. Di antaranya tidak adanya standardisasi harga dari pemerintah sehingga penyebabkan persaingan harga antarsesama pengusaha. Juga masih banyaknya travel agent menerapkan sistem lepas kunci sehingga menimbulkan kejahatan baru seperti pencurian dan pelarian sejumlah unit.

Oleh karena itu, dengan adanya koperasi ini pihaknya berharap jika terjadi hal-hal demikian seperti mobil rusak perlu servise atau ganti spare part dapat diakomodasi dengan mudah. Soal harga mereka juga tak perlu keluar bujet banyak karena harga yang diberikan tentu di bawah harga pasar.

“Selain itu terbentuknya koperasi ini dapat digunakan untuk menciptakan unit usaha baru, siapa tau ke depan APPKY bisa beli bus pariwisata sendiri untuk mendukung transportasi wisata yang ada di Jogjakarta,” katanya.

Saat ini APPKY telah menaungi 100 lebih pengusaha. Baik itu travel ataupun bus pariwisata. “Semua dari berbagai profesi ada yang pure pengusaha ada dan ada juga yang karyawan,” tuturnya. (sce/met/ila/mg1)