BANDUNG – Tim Persib Junior U-19 menjadi salah satu lawan yang dihadapi tim sepak bola Pusat Pelatihan Atlet Kota Yogyakarta (PPAKY) dalam try out di Bandung Jawa Barat Selasa (13/3) hingga Kamis (15/3). Laga antara Persib junior U-19 versus tim yang dibina Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melalui wadah PPAKY tersebut digelar Rabu malam (14/3).

Sehari sebelumnya, Selasa malam (13/3), tim asuhan Ixsan Fajar Pranoto itu dijamu tim sepak bola Kabupaten Bandung yang disiapkan ke Porprov Jawa Barat 2018 Oktober mendatang. Laga tim PPAKY kontra tim Kabupaten Bandung itu berakhir imbang tanpa gol.

Menurut Plt Kadispora Kota Jogja Anggoro Sulistyo dua kali pertandingan try out di Bandung sengaja digelar malam hari. Hal itu untuk memberikan tambahan pengalaman kepada pemain supaya juga bisa merasakan bermain malam hari. “Karena mayoritas pemain belum pernah mengalami,” ujar Anggoro.

Sedangkan pelatih Ixsan menambahkan, dua tim lawan yang dihadapi anak buahnya sengaja dipilih karena memiliki kualitas memadai. Bahkan Persib yang memiliki nama besar dipastikan berpengaruh terhadap mental tim asuhannya. “Jadi, selain kerja sama secara tim kami juga ingin mengasah mental anak anak. Sebab untuk keterampilan secara individu, kemampuan anak anak sudah cukup bagus,” ujar Ixsan.

Selain sepak bola yang bermaterikan 20 pemain, Dispora juga membina atlet dari cabang olahraga lainnya melalui wadah PPAKY yaitu bulutangkis, renang, panahan, pencak silat, dan taekwondo.

“Kami puas bukan karena hasilnya imbang meskipun kualitas individu lawan lebih baik. Tetapi anak-anak mampu bermain sesuai instruksi. Bahkan secara teknik mampu memberikan tekanan sehingga merepotkan lini pertahanan lawan,” imbuhnya. (riz/din/mg1)