RADARJOGJA.CO.ID – Para pengurus dan kader DPD, DPC hingga sayap partai Gerindra di DIJ, kompak mendeklarasikan dukungan pada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk bersedia maju sebagai calon presiden 2019-2024. Sebagai pasangannya, mereka mengusulkan Hamengku Buwono (HB) X.

“Deklarasi ini, kami memohon kesediaan Letjen (purn) TNI Prabowo Subianto dicalonkan sebagai presiden RI 2019-2024,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra DIJ Brigjen (purn) RM Noeryanto di kantor DPD Partai Gerindra DIJ Rabu malam (14/3). Hadir dalam deklarasi tersebut Sekretaris DPD Partai Gerindra DIJ Dharma Setiawan, Ketua Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi DPD Partai Gerindra DIJ Sinarbiyat, Ketua DPC Partai Gerindra se-DIJ dan organisasi sayap partai lainnya.

Alasan kembali mencalonkan sosok Prabowo, pria yang akrab disapa Romo Noer itu menegaskan karena mantan Danjen Kopasus itu merupakan tokoh yang militan, yang ingin memperbaiki Indonesia. Meski banyak tokoh lainnya, mereka menilai sosok Prabowo masih yang paling layak memimpin Indonesia. “Keinginan Pak Prabowo warga Indonesia menjadi tuan di negaranya sendiri,” tambahnya.

Untuk calon Wakil Presiden pasangan Prabowo, Romo Noer menyebut nama Gubernur DIJ HB X. Menurut dia, jika keduanya dipasangkan dipastikan akan menjadi pemenang dalam Pilpres 2019 nanti. Saat ini diakuinya juga banyak tokoh lain yang disebut-sebut akan menjadi Cawapres Prabowo. Tapi Romo Noer menambahkan belum menanyakan kesediaan keduanya. “Untuk penentuan Wapres, kita serahkan sepenuhnya pada Pak Prabowo,” terangnya.

Untuk alasan mencalonkan HB X, pria yang di Keraton Jogja mendapat gelar
KPH Yudha Hadiningrat itu mengatakan keputusan HB X tetap mempertahankan aturan non WNI untuk memiliki tanah di DIJ, meningkatkan popularitasnya. Di luar DIJ, keputusan tersebut dikatakannya mendapat sambutan positif. “Ketika ditanya alasan HB X, ‘kalau saya izinkan rakyat saya akan tinggal di pucuk gunung, pinggir laut, karena wilayah strategis Jogja dibeli warga negara asing, memiliki hak milik atas tanah di Jogja,” jelasnya.

Untuk mendukung deklarasi tersebut, Romo Noer juga meminta para pengurus,kader dan anggota Partai Gerindra DIJ untuk memenangkan partai berlambang burung Garuda tersebut. “Di DIJ Partai Gerindra harus jadi nomor satu, tidak lagi nomor tiga, tiap dapil minimal dua caleg yang lolos,” tegasnya. (pra/ong)