MAGELANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Magelang dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) diharapkan bisa berkoordinasi mewujudkan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang kondusif yang akan berlangsung pertengahan tahun ini.

Dalam pengamanan Pilkada serentak ini, terdapat relevansi tupoksi dari Satlinmas dan Satpol PP. Yakni dalam penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum. “Yakni membantu menjaga ketentraman, keamanan, dan ketertiban umum. Ini berlaku di semua tahapan pilkada,”kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat upacara HUT Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan (Satlinmas), Rabu (14/3).

Upacara sekaligus apel siaga ini dilaksanakan juga dalam rangka mengawali tahapan Pilkada serentak yang akan berlangsung 27 Juni mendatang. Menurut Sigit, pilkada serentak tahun ini menjadi penting. Sebab, biasanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban umum akan meningkat. Satpol PP serta Satlinmas harus bisa menyikapi hal tersebut sejak dini. “Faktor penting yang harus diperhatikan adalah koordinasi, integrasi, sinkronisasi. Baik dengan instansi vertikal maupun horisontal,” jelasnya.

Sigit juga mengapresiasi dan bangga atas prestasi Kader Siaga Trantib (KST) Kelurahan Magersari yang meraih juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dia meminta agar KST-KST di kelurahan lain bisa turut meningkatkan kompetensi.”Jadikan prestasi yang sudah diraih sebagai cambuk agar menjadi lebih baik lagi ke depan.Terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat di bidang keamanan, ketentraman, ketertiban umum,” pesannya.

KST Kelurahan Magersari memiliki keunggulan sehingga menjadi yang terbaik di Jawa Tengah. Keunggulan itu antara lain aktif, kompak, dan sangat membantu kegiatan Satpol PP dalam memantau kondisi keamanan dan ketertiban (trantib) lingkungan. (ady/din/mg1)