MUNGKID-Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) meraih juara pertama kontes robotik dalam 4th TMAC Design Workshop 2018 di UTeM Malaysia.

FT UM Magelang mengirimkan 1 tim yang terdiri dari Yuliyani (S1 Teknik Industri), Ritulas Retnowati (S1 Teknik Informatika), Muhammad Yuli Dwi Rivangi (D3 Mesin Otomotif), dan Arif Zain (D3 Teknik Informatika).

Di ajang ini, UMM bersaing dengan dua perguruan tinggi ternama di Asia yakni UTeM Malaysia dan University of Tokushima Japan. “Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kerja sama yang dijalin antara FT UM Magelang dengan perguruan tinggi di wilayah Asia,” kata Dekan FT UM Magelang Yun Arifatul Fatimah.

Yun mengungkapkan mulai tahun ini robotika menjadi bagian tidak terpisahkan. Yaitu dari implementasi pengembangan kurikulum dari setiap program studi di lingkungan Fakultas Teknik. “Jika sebelumnya telah terjalin kerja sama double degree dengan NIIT India, saat ini mulai direalisasikan kerjasama yang lebih luas dengan UTeM Malaysia,” katanya.

Dengan prestasi ini erwakilan mahasiswa FT UM Magelang nantinya dapat berbagi pengalaman kepada mahasiswa FT yang lain. Wakil Dekan Fakultas Teknik Saifudin menjelaskan, berbagi pengalaman ini dirasa perlu karena mahasiswa yang lain bisa mengikuti kompetisi serupa. Tidak hanya tingkat nasional, tetapi juga di kancah internasional. “Ini agar nantinya mampu mengikuti kompetisi yang sama untuk meraih prestasi yang membanggakan di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya. (ady/din/mg1)