GUNUNGKIDUL – Pemkab Gunungkidul memperkuat kerjasama sektor kelautan dengan kabupaten tetangga. Salah satu model kerjasama itu berkaitan dengan peningkatan hasil tangkapan.

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di Bangsal Sewokoprojo Wonosari Kamis (8/3). Dihadiri perwakilan tiga kabupaten. Masing-masing, Pacitan, Wonogiri, dan Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan tiga kabupaten tersebut disingkat menjadi Pawonsari. Memiliki banyak kesamaan karakteristik, di antaraanya pegunungan karst dan panjang bentang pantai.

“Harapannya dengan kerjasama ini dapat menguntungkan nelayan Gunungkidul maupun Pacitan dan Wonogiri,” kata Badingah.

Kerjasama tersebut memiliki kepastian hukum untuk aktivitas melaut di perairan garis pantai tiga kabupaten. Tidak hanya itu, dengan nota kesepahaman tersebut dapat meminimalisasi konflik.

Asisten Administasi Umum Pacitan Sakundoko mengatakan kerja sama lintas provinsi sangat efektif mengembangkan sumber daya perikanan.

“Juga memberikan rasa aman kepada masing-masing nelayan. Sehingga mampu mengoptimalkan tangkapan ikan,” kata Sakundoko.

Sebagai penghasil ikan tuna, diharapkan potensi itu juga dapat dikembangkan di Gunungkidul. Sebab letak laut berdekatan dengan keadaan alam hampir sama.

Sekda Wonogiri Suharno mengatakan kerjasama antardaerah memberikan keutungan daerah perbatasan. “Kerjasama ini sudah dimulai sejak 2002. Diharapkan dapat terus terjalin dan semakin kuat,” kata Suharno. (gun/iwa/mg1)