KULONPROGO – Tomi Cahyadi, 43, warga Kelurahan Wonosidi Kidul, Kecamatan Wates tewas bertabrakan dengan bus Handoyo kemarin. Kecelakaan (laka) maut tersebut terjadi di Jalan Jogja-Wates KM 22 Desa Kedungsari, Kecamatan Pengasih.

Motor Yamaha Mio AB 6713 PC yang dikendarai Tomi terlibat laka dengan Bus Handoyo AA 1402 EA. Bus dikemudikan Nanang Khosim, 46, warga Kepanjen, Malang.

Korban melaju dari barat dengan kecepataan tinggi. Tomi sempat menabrak sepeda yang dikayuh Andreas Widodo, 50, warga Pedukuhan Kenteng, Desa Demangrejo, Kecataman Sentolo yang searah di depannya.

“Motor korban oleng ke kanan dan tertabrak bus dari arah berlawanan. Suara benturan keras sekali. Saya mengajak penjaga malam SMPN 2 Pengasih memberikan pertolongan,” kata Ismoyo, 55, pemilik warung dekat lokasi kejadian.

Tubuh korban terseret puluhan meter di bawah kolong bus. Bus berhenti setelah menabrak pohon mahoni dan tiang telepon di pinggir jalan. Korban tewas di tempat.

“Saat itu kondisinya gelap sekitar pukul 04.30,” kata Ismoyo.

Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Maryanto mengatakan pengendara motor luka berat. “Sepeda motor ringsek. Sementara pengayuh sepeda mengalami luka ringan,” kata Maryanto.

Penumpang bus ada tujuh orang dan tidak mengalami luka. Sopir bus diamankan untuk dimintai keterangan. Jenazah korban dan pengendara sepeda ontel dilarikan ke RSUD wates untuk penanganan lebih lanjut.

“Dugaan sementara penyebab kejadian ini akibat kelalaian pengendara motor yang tidak konsentrasi saat berkendara,” kata Maryanto.

Tak lama berselang, minibus Toyota Kijang mengalami kecelakaan di lokasi yang sama. Kijang berusaha menghindari kecelakaan tersebut dan masuk ke sawah. (tom/iwa/mg1)