SLEMAN – Remaja menjadi sasaran empuk peredaran narkoba. Melihat kondisi itu, pembinaan bahaya narkoba pada remaja dan pelajar lebih diutamakan. Rabu (7/3) sekitar 50 remaja dari organisasi kepemudaan dan pelajar di beberapa sekolah diikutkan dalam kegiatan Pembinaan Bahaya Narkoba bagi Pemuda di salah satu hotel di Jalan Palagan.

“Tujuan utamanya mengajak anak muda berperan aktif melawan narkoba di lingkungan sekitar. Kami sadar narkoba menjadi salah satu musuh terbesar pemuda Indonesia yang harus diberantas sampai akar-akarnya,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman Rahman Subadi.

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan pemaparan jenis narkoba dan gejala yang dialami pengguna. Narasumber berasal dari Polres Sleman yang diwakili AKP Ani Sulistiowati.

“Dengan menjelaskan berbagai jenis dan dampaknya pemakaian narkoba peserta dapat menghindari dan membentengi diri dari obat-obatan terlarang ini seperti ganja, ekstasi, sabu, morphine, dan lainnya,” jelasnya.

Ani menjelaskan, alasan yang membuat seseorang menggunakan narkoba salah satunya faktor individual seperti gangguan psikiatrik pada masa anak-anak yang timbul saat remaja. Rasa ingin tahu, faktor lingkungan, dan kehilangan asuhan seorang ibu juga menjadi beberapa faktor penyebabnya.

Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari ini Dispora juga mengundang mantan pengguna narkoba untuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Dalam pembinaan ini, peserta mengikuti berbagai permainan outbound yang dimaksudkan sebagai internalisasi pesan-pesan psikologi agar dapat membentengi diri. Dengan begitu, mereka tak terjerumus untuk menggunakan narkoba.

Permainan yang dilakukan dalam tim ini mengajarkan strategi mereka dalam mencapai sebuah visi misi atau tujuan dalam hidupnya.

“Bagaimana membawa gelas yang berisi air di atas selimut yang dibentangkan agar tidak tumpah menjadi salah satu cara berkonsentrasi dan berhati-hati serta teguh pada diri sendiri. Fokus pada tujuan dan tidak terpengaruh oleh godaan negatif,” papar Koordinator Outbound Ruba’i. (ita/ila/mg1)