PURWOREJO – Keberhasilan pembangunan dan penyediaan sarana prasarana atau infrastruktur wilayah yang memadai, menjadi salah satu parameter keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Hasil pekerjaan juga harus baik dari segi jumlah, jenis dan mutu yang diharapkan.

Hal itu diungkapkan Asisten II Setda Purworejo Gandi Budi Supriyanto saat membuka sosialisasi peraturan perundang-undangan jasa konstruksi Kabupaten Purworejo yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (6/3). Kegiatan itu dihadiri Kabag Pembangunan Bambang Sadyanto Raharjo, Kabag Barang dan Jasa Wahyu Jaka Setyanta serta kepala OPD lain, asosiasi penyedia jasa kontruksi dan penyedia jasa konsultasi.

“Guna mewujudkan keberhasilan pembangunan itu pemerintah membutuhkan bantuan dukungan dan partisipasi dari semua komponen masyarakat sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing,” kata Gandi.

Menurutnya, salah satu faktor yang menentukan kualitas konstruksi adalah sumber daya manusia. Sehingga setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memilik sertifikat kompetensi kerja.

“Saya berharap melalui sosialisasi ini bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi pemangku kepentingan di bidang jasa konstruksi, agar bisa menjadi acuan dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Kabag Barang dan Jasa Setda Wahyu Jaka Setiapta menjelaskan, UU Jasa Konstruksi yang sebelumnya diatur UU Nomor 18 Tahun 1999 telah diganti dengan UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstrusksi. Dikatakan, sektor jasa konstruksi merupakan kegiatan masyarakat, dalam hal ini pengusaha jasa konstruksi, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai sarana aktifitas sosial ekonomi, guna menunjang terwujudnya pembangunan nasional.

Menurut Wahyu, penyelenggaraan jasa konstruksi harus dapat menjamin ketertiban dan kepastian hukum, sehingga diharapkan dapat meminimalisasi atau mengantisipasi munculnya beberapa permasalahan, baik masalah kontrak sampai ke permasalahan hukum. (udi/laz/mg1)