BANTUL – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUKMP) Bantul Sulistiyanta memastikan proses perizinan Kawasan Industri Piyungan (KIP) telah selesai. Dengan begitu, proses industri di kawasan yang terletak di Desa Srimulyo ini sudah bisa berjalan.
“Artinya sekarang sudah ada pengelolanya,” jelas Sulis, sapaannya, di Kompleks Parasamya baru-baru ini (5/3).

Yang masih menjadi pekerjaan rumah saat ini adalah dokumen izin mendirikan bangunan (IMB). Sulis menyebut, ada dua pabrik yang bakal beroperasi lebih dulu di KIP. Tapi, yang telah mengantongi IMB baru satu. “Tapi sekarang tinggal menyelesaikan saja,” ucapnya.

Menurutnya, beroperasinya KIP ini menjadi angin segar bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Bantul. Sebab, KIP di wilayah Srimulyo didesain sebagai industri kreatif. Salah satu produknya adalah boneka barbie. Nah, pihak pabrik bakal bermitra dengan UKM dalam proses produksinya. “Bahan-bahannya dari pabrik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Bantul Isa Budi Hartomo mengungkapkan hal senada. Dia memastikan, berbagai dokumen pertanahan plus aspek tata ruang KIP sudah klir. (zam/ila/mg1)