KULONPROGO – Sebanyak 48 SMP/MTs dari 79 SMP/MTs di Kulonprogo masih menumpang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Sekolah-sekolah tersebut bakal mengikuti ujian di SMP, MTS, SMA, SMK atau MAN yang sudah memiliki sarana memadai untuk UNBK.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kulonprogo Sumarni mengatakan sekolah itu menumpang di tempat lain untuk mengikuti UNBK. Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 64 sekolah.

“Jadi sekolah yang sudah mandiri sebanyak 31. Sarana prasarana sudah cukup,” kata Sumarni Selasa (6/3).

Kepala Dikpora Kulonprogo Sumarsana mengatakan pihaknya menyiasati dengan mengikutkan sekolah tersebut ke sekolah yang telah memiliki fasilitas penunjang.

“Jadi SMP-MTs akan bersama sekolah lain. Baik itu sesama SMP atau MTs, SMA, SMK, dan MAN. Namun karena dilakukan penggabungan maka pelatihan kepada sekolah yang mengikuti UNBK dan sekolah yang akan ditempati saat ujian itu berlangsung perlu dilakukan,” katanya.

Menurut Sumarsana, pelaksanaan UNBK SMP sederajat ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. “Karena tahun lalu seperti ini, jadi sudah biasa. Intinya semua SMP dan MTs ikut UNBK,” ujar Sumarsana. (tom/iwa/mg1)