RADARJOGJA.CO.ID – Pada peringatan ulang tahun ke-61, BCA menggelar rangkaian kegiatan sosial. Lewat program Bakti BCA, mereka menggelar pengobatan gratis dan memberikan pelatihan pengembangan masyarakat berupa edukasi menanam hidroponik dan membuat kue pia khas Jogjakarta bagi warga Desa Pentingsari, Sleman.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Pengembangan Bisnis Cabang (KPBC) BCA Jogjakarta Wahyu Hariatmanto berkenan membuka acara. Wahyu didampingi Kepala Dusun Pentingsari Rejo Mulyono di Yogyakarta, Minggu (04/03).

Wahyu mengatakan, BCA ingin memaknai HUT ke-61 sebagai momentum berbagi pada sesama. “Yang menarik dari rangkaian kegiatan kali ini adalah kegiatan pengenalan dan pelatihan pembudidayaan tanaman dengan teknik hidroponik dan edukasi membuat kue pia. Di mana rangkaian kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian warga setempat,” ungkap Wahyu.

Ia meneruskan, hidroponik merupakan sistem budidaya tanaman dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. Teknik ini dikembangkan di berbagai negara, karena dianggap memberikan manfaat lebih. Terutama untuk jenis-jenis tanaman yang membutuhkan kontrol besar dalam hal kebutuhan nutrisi dan perlindungan terhadap bakteri dan hama.

“Teknik hidroponik mulai digalakkan di Indonesia guna menjaga ketahanan pangan. Melalui edukasi tentang hidroponik ini, kami berharap dapat semakin mengembangkan kewirausahaan berbasis agro di Desa Pentingsari,” tambah Wahyu.

Selain edukasi hidroponik, BCA juga memberikan pengetahuan tentang pembuatan kue pia khas Jogjakarta. Untuk demonstrasi pembuatan, BCA bekerja sama dengan Hotel Eastparc Jogjakarta. Selanjutnya dilanjutkan dengan lomba pembuatan kue pia yang diikuti 80 peserta dari 4 RT. “Kue pia menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogjakarta yang populer dan digemari wisatawan domestik hingga mancanegara. Kami berharap Desa Pentingsari dapat menjadi salah satu sentra kue pia,” urainya.

Wahyu menambahkan, kegiatan lain yang dilakukan adalah memberikan pengobatan gratis pada 300-an orang di Desa Pentingsari . Kegiatan ini dilakukan karena masih minimnya pelayanan kesehatan di Desa Pentingsari.

Selain melaksanakan rangkaian kegiatan sosial di Desa Pentingsari, BCA juga melaksanakan rangkaian kegiatan di Desa Wisata Wirawisata Gua Pindul pada hari yang sama dan Desa Wisata Tamansari (10/03). Kegiatan sosial yang dijalankan di desa-desa tersebut tidak hanya bakti sosial pengobatan gratis saja, namun rangkaian kegiatan lain. Antara lain edukasi untuk desa binaan BCA, perlombaan yang melibatkan warga sekitar desa binaan, dan berbagai kegiatan lainnya. Seperti donor darah, operasi katarak di berbagai daerah, seminar guru dari 17 sekolah binaan BCA, seminar untuk UKM, dan berbagai kegiatan sosial lainnya.(hes)