JOGJA – Manajemen PSIM Jogja menggelar pertemuan dengan jajaran pengurus, pelatih serta panpel akhir pekan lalu. Hasilnya, pekan ini tahapan persiapan tim mulai berjalan. Pelatih PSIM Erwan Hendarwanto mengaku dalam waktu dekat akan memanggil 12 pemain dari skuad musim lalu yang dinilai layak untuk kembali diberi kepercayaan.

Selanjutnya, pemain sisanya akan didatangkan dengan melakukan seleksi tertutup. Yakni berupa pemanggilan beberapa pemain lokal atau luar daerah. “Mungkin mulai Rabu (7/3) besok kami lakukan pembentukan dengan menyeleksi pemain lokal dulu. Selain itu 12 pemain lama juga akan dipanggil,” kata Erwan Senin (5/3).

Mengenai seleksi pemain lokal, Erwan mengaku sudah mendapatkan daftar-daftar namanya. Pemain-pemain tersebut didapatkian dari hasil talent scouting tim pemandu bakat terhadap kejuaraan Piala Walikota Jogja yang baru saja berakhir. Menurutnya ada sekitar 40 sampai 50 pemain dari pantauan tim pemandu bakat di Piala Walikota yang potensial. “Seleksi kami gelar empat hari hingga Sabtu (11/3),” beber pelatih berlisensi C AFC itu.

Menurut Erwan, mengingat terbatasnya waktu, maka kondisi kebugaran fisik dan teknik serta mental bertanding menjadi kriteria yang paling utama. Hal itu akan dijadikanya sebagai paramater untuk proses seleksi pemain lokal nanti. Sedangkan untuk taktik, dinilainya dapat diberikan sembari jalan dalam proses persiapan tim. “Belum ada kuota akan mematok berapa pemain. Dilihat dulu yang terbaik dan sesuai kriteria itu yang akan diambil,” lanjutnya.

Namun jika dari seleksi tersebut jauh dari harapan, baik kualitas maupun kuantitas, akan dicarikan pemain dari luar DIJ. Tim pelatih kemungkinan akan memberikan beberapa opsi nama dan kriteria, sementara selanjutnya tugas manajemen untuk menindaklanjuti. Itu termasuk untuk pemanggilan 12 pemain musim lalu. (riz/din/mg1)