JOGJA – Meluangkan waktu bersama keluarga merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu. Walaupun sekadar bermain bersama maupun rekreasi ke beberapa tempat wisata.

Tempat rekreasi yang yang cukup diminati adalah museum. Selain harganya terjangkau, ada koleksi benda-benda sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Guna memberi edukasi kepada anaknya sejak dini, Yanyan Mulyana, 28, dan Okky Julia Safitri, 28, mengajak anak semata wayangnya, Althafarizqi Ramadhan Mulyana yang masih berusia 20 bulan berjalan-jalan ke Museum Benteng Vredeburg.

“Kami juga ingin mengenang perjuangan para pahlawan Indonesia,” ungkap lelaki yang akrab dipanggil Yan ini.

Okky menambahkan bahwa kunjungan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kecintaan kepada Negara Indonesia. “Bertepatan dengan peringatan Serangan Oemoem 1 Maret, jadi masuknya bisa gratis,” ungkap ibunda Rizqi ini.

Sementara keluarga Supriyadi Martanto, 39, dan Yuli Wiastuti, 35, juga berlibur bersama kedua anak mereka, Damar Kemuning Kunthi Martanto, 10, dan Anandayu Rengganis Nidya Martanto yang tengah berusia tujuh bulan.

“Rekreasi ke Museum selain untuk rekreasi, juga mau memberi pembiasaan budaya membaca kepada anak dengan cara yang berbeda,” ungkap wanita yang biasa dipanggil Yuli ini.

Supriyadi melanjutkan, selain itu juga dengan bertepatan bersama peringatan serangan umum 1 Maret, membuat kita lebih mengetahui sejarah. “Peringatan ini membuat kita mengenang perjuangan para pahlawan di masa lampau. (cr2/iwa/er/mg1)