JOGJA – Program beasiswa saat ini banyak ditawarkan oleh perusahaan. Tetapi hanya beberapa beasiswa yang memberikan banyak manfaat seperti pelatihan soft skill, technical skill serta memberi peluang mahasiswa untuk bisa bekerja tanpa melalui seleksi tes setelah lulus dari kuliah. Salah satunya Future Program yang diselenggarakan Blibli.com, program yang baru dicetuskan tahun lalu ini sangat menarik.

Ada beberapa mahasiswa dari universitas di Indonesia yang mengikuti beasiswa itu. Salah satunya mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universiats Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Dito Raharjo yang berhasil mendapatkan beasiswa Blibli Future Program. Beasiswa Future Program ini merupakan program pengembangan selama 1,5 tahun bagi mahasiswa yang mempunyai potensi dalam IT.

Program ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa IT agar ketika lolos dari program itu benar-benar siap untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan industri. Untuk itu Blibli.com memberikan kesempatan bagi peserta yang lolos dalam program ini untuk bisa bekerja di Blibli.com. Mahasiswa freshgraduate butuh waktu kurang lebih satu tahun untuk beradaptasi terhadap teknologi yang ada di dunia industri.

Beasiswa Future Program ini mempunyai tiga tahap selama 1,5 tahun. Peserta akan diberangkatkan ke Jakarta untuk menjalani bootcamp selama seminggu untuk memperoleh pelatihan soft skill seperti leadership, 7 habbits dan pelatihan dari bagian HRD serta technical skill, dan juga pelatihan dari staff IT Blibli.com. Peserta juga memperoleh kesempatan membangun jaringan dengan peserta dari universitas lain dan berkesempatan menjadi pegawai Blibli.com tanpa harus melalui masa percobaan dan kontrak, memperoleh pembiayaan transportasi, akomodasi dan uang saku selama mengikuti Future Program.

Terdapat 18 peserta yang berhasil mendapatkan program beasiswa ini. Mereka dari UAJY, UGM, UKDW, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Maranatha, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. (laz/mg1)