SLEMAN – Atlet baseball Sleman, Gunawan Pandhu Khalista lolos ke tahap sentralisasi pelatnas baseball yang dipersiapkan menuju Asian Games 2018, Agustus mendatang. Artinya tinggal selangkah lagi, Pandu memperkuat timnas baseball di even olahraga Asia tersebut.

Sekretaris Pengkab Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sleman Agus Susworo mengatakan, setelah masuk sentralisasi pelatnas selanjutnya Pandhu akan menjalani tes fisik di Pelatnas. Tes tersebut rencananya dilaksankan sampai Jumat (23/2) besok. “Setelah itu dia dibolehkan pulang tapi harus kembali ke Pelatnas lagi tanggal 1 Maret,” kata Agus Rabu (21/2).

Agus mengatakan, dalam Seleksi Nasional (Seleknas) yang digelar di Lapangan Perak, Lampung, sejak Sabtu lalu, Pandu menyisihkan 83 pemain lain. Dia pun akan bersaing dengan delapan pemain lain yang berposisi sama, sebagai pitcher.

Meskipun demikian, Agus berharap Pandu bisa lulus tes fisik Jumat mendatang dan bisa memperkuat Timnas di Asian Games. Kendati saingan lain tentu sama-sama kuat, dia berharap Pandu mampu menunjukkan penampilan terbaik.

Awalnya dari 27 pitcher sekarang tinggal sembilan atlet, termasuk Pandhu. Dia berharap Pandhu mampu menembus Timnas dan tampil di Asian Games. “Dengan begitu, Pandhu bisa jadi motivator bagi atlet DIJ khususnya Sleman untuk terus berkembang dengan lebih giat dalam latihan,” tuturnya. (riz/din/mg1)