SLEMAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Condongcatur membagikan 18 laptop untuk 18 Dukuh se-Condongcatur Senin (29/1). Itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja aparatur desa, khususnya para kepala padukuhan (dukuh) agar lebih cepat dan efektif dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Penyerahan laptop secara simbolis dilakukan Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji di Balai Desa Condongcatur.

“Pemberian laptop ini untuk meningkatkan pengetahuan aparatur desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dan terwujudnya aparat pemerintahan desa yang profesional,” kata Reno, panggilan akrabnya, usai penyerahan laptop.

Reno menuturkan, dengan adanya laptop tersebut, akan sangat membantu tugas dukuh dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang profesional.

“Tentu saja, kami memfasilitasi para kepala dukuh, karena ada tuntutan agar para dukuh sebagai pamong bagi masyarakat bisa lebih cepat dalam bekerja,” tandasnya.

Diakui, pemberian laptop bagi para dukuh ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya di Desa Condongcatur. Diharapkan pemberian laptop ini benar-benar dapat melayani kebutuhan masyarakat serta mampu mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera.

“Untuk anggaran program ini, diambilakan dari alokasi dana desa (ADD),” ungkapnya.

Kepala Dusun Pringwulung Sahid Fahrudin mengaku senang mendapat inventaris laptop. Dengan laptop ini, dia segera menyusul sistem yang dapat terkoneksi langsung ke desa.

“Dengan begitu segala informasi, data kependudukan, dan program-program dari desa ke masing-masing padukuhan dapat langsung diakses dan ditindaklanjuti ke masyarakat secara efektif dan cepat,” ujarnya. (**/nn/ila/mg1)