SLEMAN – Masih dalam fase pembentukan fisik pemain, manajemen PSS Sleman berencana menggelar pemusatan latihan (training center) bagi tim. Rencananya TC akan dilakukan di daerah pegunungan Kaliurang dan pantai Parangtritis.”Rencana Rabu (1/2) nanti TC dimulai. Diawali dari latihan di Kaliurang setelah itu baru ke Parangtritis. Sesuai dengan yang diminta tim pelatih,” ungkap Manajer PSS Sleman Sismantoro, Senin (29/1).

Selama di Kaliurang nanti, Ahmad Hisyam dkk akan berlatih di Kaliurang hingga akhir pekan ini (3/2). Setelah itu TC masih akan berlanjut ke Parangtritis. Latihan di dataran tinggi dan tanah berpasir menurut tim pelatih bagus untuk menempa VO2Max dan kekuatan otot kaki. “Setelah dari Kaliurang istirahat dua hari kemudian langsung TC di Parangtritis juga sama tiga hari di sana,” imbuhnya.

Sismantoro tidak memungkiri bahwa TC tersebut digelar sebagai bagian dari program peningkatan fisik para pemain. Terlebih tim pelatih memang menginginkan peningkatan fisik pemain secara signifikan. Hal ini bertujuan agar permainan tim ditunjang fisik pemain yang mumpuni. Sehingga pemain bisa fight dan bermain dengan determinasi tinggi seperti yang diinginkan pelatih. “Pelatih memang menginginkan pemain pekerja keras. Sehingga TC digelar dalam rangka membangun fisik pemain agar kuat menekan lawan selama 90 menit,” paparnya.

Disinggung mengenai pemain baru, Sismantoro menyebut kalau dalam waktu dekat ini akan ada dua pemain baru yang hadir untuk mengikuti seleksi di dalam tim besutan Herry Kiswanto tersebut. Dia membeberkan, kedua pemain yang hadir itu berasal dari tim Liga 1 dan Liga 2 untuk posisi playmaker dan striker.

Sedangkan satu pemain yang berposisi sebagai bek kiri asal Makassar, Fatturahman, posisinya masih belum aman meski sudah ikut berlatih sejak pekan lalu.”Fatturahman masih belum kami ikat karena dari tim pelatih meminta di-pending dahulu menyangkut kondisi fisiknya,” tutur Sismantoro.

Pelatih fisik PSS Sleman Komarudin mengatakan TC juga sebagai program latihan di luar lapangan ini juga sekaligus variasi latihan fitnes yang sudah berjalan. Penggenjotan fisik memang menjadi menu utama yang harus dijalani pemain. “Program penggenjotan fisik paling tidak dijalankan selama dua pekan. Selain gym, fisik pemain juga akan dilatih di kawasan pegunungan dan pantai. Beruntung di Jogjakarta tidak sulit karena pilihannya banyak,” jelasnya. (riz/din/mg1)