PURWOREJO – Pembangunan yang dijalankan Pemkab Purworejo tidak lepas dari peran serta DPRD. Sebagai pencerminan wakil rakyat, anggota DPRD Purworejo dinilai telah bisa menempatkan diri dengan baik.

Riak-riak kecil dalam sebuah perjalanan menjadi sebuah hal yang lumrah dan bisa dimaklumi. Namun semua bermuara yang sama akan terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat Purworejo.

“Kami sangat menghargai DPRD selaku mitra. Saya melihat akhir-akhir ini semua sudah membaik. Artinya DPRD sudah mengkritisi apa yang dilakukan OPD itu menjadi bahan pertimbangan bersama,” kata Bupati Agus Bastian dalam Rapat Koordinasi Eksekutif dan Legislatif di RM Bambu Kuning Purworejo, Senin (29/1). Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, empat pimpinan DPRD Purworejo, Sekda, anggota DPRD serta jajaran OPD di Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan ini, Agus Bastian meminta anggota DPRD bisa ikut terlibat dalam pembahasan setiap program kegiatan yang direncanakan. Dengan penguasaan rencana yang baik, diharapkan tidak akan memunculkan persepsi yang berbeda saat muncul ke permukaan.

Dirinya berharap tidak ada anggota DPRD yang malah ngrusuhi dan memberikan statemen yang menyimpang karena tidak mengikuti pembahasan. “Kalau muncul seperti itu kan merepotkan semua pihak,” ujarnya.

Dikatakan, Purworejo saat ini tengah memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar dan menuntut semua pihak melakukan pembenahan diri. Adanya perubahan akibat munculnya berbagai kegiatan proyek besar, mau tidak mau menjadikan Purworejo harus bergerak agar tidak menjadi penonton semata.

“Ada beberapa isu di seputar Purworejo mulai dari bandara, Waduk Bener, pengembangan Borobudur sampai isu tol. Tol ini cukup penting karena akan membawa dampak yang signifikan bagi perekonomian Purworejo,” jelas bupati.

Ia juga memaparkan adanya wacana kunjungan balasan dari Kroasia dengan membawa rombongan besar pengusaha ke Purworejo. Mereka ingin melihat secara langsung potensi dan jika memungkinkan akan melakukan investasi di Purworejo. Ia berharap nantinya jika ada pengusaha atau investor masuk diberikan layanan yang baik, sehingga akan merasa tenang dan nyaman berusaha.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Purworejo H Munawir mengungkapkan adanya pertemuan resmi antara eksekutif dan legislatif layak mendapat apresiasi. Ia melihat melalui kegiatan itu akan semakin mempererat kerja sama antara kedua lembaga di Purworejo. (udi/laz/mg1)