JOGJA – Keikutsertaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI dalam ajang Asian Games 2018 mendatang sebagai official prestige partner membuatnya terus melakukan inovasi produk. Kali ini bersamaan dengan penyelanggaraan Indonesia Basket Leage (IBL), Bank BRI resmi meluncurkan inovasi baru tersebut dalam bentuk desain kartu kredit edisi khusus Asian Games 2018.

Menamainya dengan sebutan BRI Touch, inovasi ini diharapkan dapat memperkuat brand awareness Bank BRI. Sekaligus mendukung program pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Executive Vice President Divisi Kartu Kredit BRI Rudi Sidharta mengatakan, ada dua desain yang diluncurkan, biru dan abu-abu. Masing-masing desain mengambarkan karakter hewan asli Indonesia yang digunakan sebagai maskot Asian Games 2018.

“Di antaranya Binbin si burung Cendrawasih, Atung si Rusa Bawean, Kaka si Badak Bercula Satu,” katanya dalam konferensi pers Peluncuran Desain Kartu Kredit Edisi Khusus Asian Games 2018 BRI Touch di GOR UNY, Senin (26/1).

Berbeda dengan kartu kredit biasa (reguler), beragam benefit seputar Asian Games akan didapatkan pemegang edisi khusus. Seperti potongan harga untuk pembelian tiket nonton Asian Games dari beberapa merchandise online, free annual for life. Juga fitur cicilan nol persen dengan tenor sampai dengan 24 bulan di merchant ritel yang bekerja sama dengan BRI, dan promo zero on 25 setiap tanggal 25 di Brishop Online.

Rudi mengaku, jauh sebelum meluncurkan BRI Touch, BRI telah lebih dulu meluncurkan lima desain edisi khusus untuk e-money Brizzi pada 27 November 2017.

“Ini merupakan komitmen mendukung program pemerintan serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah. Selain itu juga sebagai wujud kecintaan dan apresiasi aktif BRI kepada tanah air,” katanya.

Untuk inovasi baru ini Bank BRI menargetkan setidaknya ini dapat menjaring nasabah baru minimal 70 ribu. Juga menjadi bank kelima terbesar di Indonesia pemegang kartu kredit di 2018, dan menjadi bank pertama pemegang kartu kredit di 2021.

“Angka yang lumayan besar memang. Tapi kami optimistis bisa mendapatkan karena prediksi kami penonton Asian Games di Indonesia akan sangat luar biasa,” ujarnya.

Hingga akhir Desember 2017, kinerja bisnis konsumer BRI untuk kartu kredit menunjukkan nilai yang cukup baik. Tercatat outstanding kartu kredit ini mencapai Rp1,8 triliun atau tumbuh 13,9 persen dari pencapaian sebelumnya Rp 1,6 triliun.

“Perseroan optimistis tahun ini pertumbuhan secara keseluruhan dapat tumbuh antara 10-20 persen,” tutur Rudi.

Sementara itu Vice President Kanwil Jogjakarta Nasrullah Iskandar menambahkan, untuk DIJ- Jateng jumlah nasabah pemegang kartu kredit ada 200 ribu dengan segmen pengguna antara 23- 45 tahun. Sedangkan untuk jumlah nasabah simpanan di Jogja telah mencapai 4,2 juta serta nasabah pinjaman 2,6 juta. (sce/met/ila/mg1)