MUNGKID – Warga Sanggrahan, Mungkid, Kabupaten Magelang dibuat resah dengan bau busuk yang tercium dari sebuah rumah yang dihuni pasangan lansia, Sukarjo,70, dan Sutari,60. Kendati demikian, tak ada kecurigaan dari para tetangga. Warga RT 03/RW 12 yang tinggal di sekitar rumah lansia tersebut baru merasa ada yang tak beres dengan rumah Sukarjo Minggu (28/1). Saat Kholid Mawardi, menantu Sukarjo, datang bertamu, namun tidak dibukakan pintu.

Warga lantas beramai-ramai mendobrak pintu rumah Sukarjo. Tak disangka bau anyir menyengat menyeruak di dalam rumah itu. Mereka mendapati jasad Sukarjo dan Sutari terbujur kaku. Jasad Sutari tergeletak di atas tempat tidur kamarnya. Sedangkan jasad Sukarjo dalam posisi duduk di ruang depan.

Hal itu lantas dilaporkan ke polisi dan diteruskan ke Pemkab Magelang.

Informasi yang dihimpun Radar Jogja, keduanya meninggal sejak 2-3 minggu lalu.

Selama beberapa tahun Sutari menderita stroke. Karena itu dia lebih sering berbaring di dalam kamar. Selama ini dia dirawat sendirian oleh Sukarjo. “Mereka meninggal mungkin karena faktor usia,” ungkap Nur Fauzan, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang ikut mengevakuasi dua jenazah itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto menduga, Sukarjo meninggal lebih dulu. Sedangkan Sutari “menyusul” kemudian karena tidak ada yang merawat. “Selama sakit Sutari tak bisa beraktivitas. Dia bergantung pada suaminya,” ungkap Edy.

Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo mengatakan, tim identifikasi tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada kedua jasad tersebut. Karena itu penyidik menyimpulkan keduanya meninggal karena sakit. “Ini dugaan sementara mengingat tidak ditemukan tanda bekas penganiayaan,” jelasnya.

Kasubag Humas Polres Magelang Kompol Santoso mengatakan, kematian Sukarjo dan Sutari telah diterima pihak keluarga besar mereka.

Pihak keluarga pun meyakini tidak ada unsur kekerasan yang dialami pasangan lansia itu. Kendati demikian, polisi tetap mengirim jenazah Sukarjo dan Sutari ke RSUP Dr Sardjito untuk diotopsi. “Tidak ada barang-barang di dalam rumah yang hilang. Pintu dan jendela pun tak ada yang rusak,” jelasnya. (ady/yog/mg1)