SLEMAN – Coppa Sleman tidak hanya menjadi ajang uji coba tim PSS Sleman. Turnamen itu juga ajang seleksi calon pemain Super Elang Jawa. Beberapa pemain yang dinilai belum masuk kriteria yang dikehendaki pelatih, dengan berat hati harus dicoret.

Dari tujuh pemain yang mengikuti trial, tiga pemain dilepas. Ketiganya yakni Taji Prasetio, Choirul Hidayat, dan Gufroni. Sementara bek sayap Abdul Aziz dan Bima Reksa masih diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya selama sepekan. Sedangkan penjaga gawang Rizky Arya dan gelandang Irkham Zahrul Mila mendapatkan rekomendasi untuk dikontrak.

Setelah Coppa Sleman, tim pelatih meyakinkan Dave Mustaine, Wirabuana Prayogo, Akbar Zakaria, dan Wahyu Sukarta untuk diikat manajemen. Dengan tambahan lima pemain, saat ini sudah ada 18 pemain yang resmi menandatangani kontrak bersama PSS Sleman.

Pelatih PSS Herry Kiswantomengatakan, pelatih masih membutuhkan amunisi tambahan beberapa pemain sesuai kebutuhan tim. Di antaranya penyerang, gelandang dan sayap yang mempunyai kemampuan kaki kiri. Pemain diprioritaskan yang sudah pengalaman dan kemampuan mumpuni. “Lini depan jelas. Karena perlu lagi pemain depan selain Tambun. Juga gelandang tipe perusak permainan lawan. Sementara ini kami hanya punya gelandang flamboyan,” ungkapnya.

Eks pelatih Persela Lamongan itu mengakui, pihaknya masih menunggu kepastian regulasi pemain. Termasuk kepastian pembagian grup dan jadwal pertandingan. Sehingga bisa maksimal dalam merancang program latihan. “Pelatih tentu ingin segera ditetapkan regulasinya. Agak kami juga maksimal mempersiapkan tim,” imbuhnya.

Setelah Coppa Sleman, tim pelatih meliburkan pemain dan baru mulai berlatih Rabu (24/1) besok di Lapangan UNY. Program latihan akan dilanjutkan untuk menggenjot fisik yang dirasa masih belum mencapai titik optimal. Sembari menunggu beberapa pemain tambahan yang didatangkan manajemen. (riz/din/mg1)