MUNGKID – Masyarakat Kabupaten Magelang akan menghadapi pesta demokrasi pada tahun ini. Berbagai upaya akan dilakukan calon kepala daerah untuk menarik perhatian pemilih. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kepolisian memberikan perhatian lebih kegiatan kampanye hitam (black campaign). “Masalah yang krusial adalah kampanye hitam,” ujar Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo Senin (22/1).

Terkait pilkada, kepolisian sangat mendukung kegiatan yang saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran. Kampanye hitam menjadi permasalahan saat ini yang cukup krusial. Oleh karena itu, Polres Magelang saat ini membentuk satgas Anti Black Campaign (ABC). “Orang orang tidak bertanggung jawab yang melakukan kampanye hitam. Baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata, akan menjadi pantauan kita,” jelasnya.

Korps Bayangkara akan menerapkan aturan-aturan hukum yang berlaku, seperti pidana umum yang berlaku di Indonesia. Dengan harapan akan meminimalisasi provokasi provokasi dari orang yang tidak bertanggung jawab, yang muaranya nanti akan memicu terjadinya bentrok konflik sosial. “Mudah-mudahan satgas yang kami bentuk ini dapat membantu mencegah konflik sosial pada saat pilkada maupun ke depannya,” jelasnya.

Menjelang pilkada Bupati Magelang Zaenal Arifin menyerahkan bantuan kepada TNI – Polri. Satu unit kendaraan roda empat, pick up jenis double kabin Nisan Navara 2,5 M/T 4×4 dan Yamaha R 25/ 250 cc untuk Polres Magelang. Dan, 1 unit Nisan Navara 2,5 4×4 untuk Kodim 0705 Magelang diserahkan di Ruang Mendut Rumah Dinas Bupati Magelang. “Mobil operasional ini akan banyak sekali manfaatnya,” jelas Dandim 0705 Magelang Letkol Hendra Purwanasari.

Menurut dia, Kabupaten Magelang sebagian wilayahnya terdiri dari wilayah pegunungan yang membutuhkan kendaraan operasional dengan jenis seperti ini. Selama ini TNI Polri selalu bersinergi dengan Pemda didalam menjaga kondisi Kabupaten Magelang agar tetap dingin.”Kendaraan ini berasal dari masyarakat akan kami gunakan untuk membantu masyarakat juga,” jelasnya.

Bupati berharap, hajatan politik yang akan berlangsung dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman. Sehingga, seluruh proses pembangunan yang direncanakan, maupun yang baru dilaksanakan dapat berjalan lancar.

Ia juga berharap situasi dan kondisi Kabupaten magelang ditahun tahun yang akan datang diberi keamanan kelancaran. Sehingga, seluruh masyarakat Kabupaten Magelang dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. (ady/din/mg1)