JOGJA – Hotel Melia Purosani resmi mengantongi izin usaha pariwisata. Hal ini ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) Pariwisata Bhakti Mandiri dan Dinas Pariwisata DIJ.

Direktur Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata Bhakti Mandiri Wisata Indonesia (LSUP BMWI) Hairullah Gazali mengingatkan agar usaha-usaha yang telah tersertifikasi tetap mempertahankan kualitas pelayanan. Itu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata melalui Peraturan Menteri.

“Kami akan melaksanakan survailen terhadap usaha pariwisata yang telah tersertifikasi setiap tahunnya untuk memastikan konsistensi usaha pariwisata agar tetap sesuai dengan standarnya,” ujarnya.

Hal tersebut selaras dengan acuan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata yaitu penerapan standar ISO dalam pelaksanaan sertifikasi usaha pariwisata guna menjaga kualitas sertifikasi usaha pariwisata di Indonesia.

General Manager Hotel Melia Purosani Jeronimo Molina menyampaikan, Hotel Melia Purosani sebagai bagian dari Melia Hotels International Group merasa bangga atas keberhasilannya mempertahankan standar sebagai Hotel Bintang 5. Setelah mendapatkan standar Hotel Bintang 5 ini pihaknya optimistis untuk bisa mengembangkan hotelnya.

“Saya yakin kami akan berkembang dan tumbuh maju bersama sebagai hotel berstandarkan internasional,” katanya.

Selain Melia, hotel lain yang mendapatkan sertifikat usaha Tara Hotel sebagai Hotel Bintang 4 dan Hotel Paku Mas sebagai Hotel Bintang 2, De Laxston Hotel & Hotel Atrium Premiere sebagai Hotel Bintang 3, Hotel Pondok Anggun dan Hotel Tiger sebagai Hotel Nonbintang, Paramita Tour & Travel, dan Lovina Buana Travelindo sebagai Biro Perjalanan Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIJ Aris Riyanta mengungkapkan, hotel-hotel yang telah tersertifikasi ini telah memenuhi syarat 3A yaitu Amenities, Accessibility, and Attraction. Dia begitu mengapresiasi apa yang telah dilakukan LSUP BMWI dalam proses sertifikasi standar usaha hotel. Harapannya dengan sertifikasi ini hotel tersebut semakin dikenal dan diminati wisatawan mancanegara maupun domestik. (sce/met/ila/mg1)